Assalamualaikum wr. Wb
Hi, jumpa lagi dengan saya dalam bentuk tulisan klali ini saya menuliskan jurnal dwi mingguan modul 2.1
Dalam jurnal refleksi modul 2.1 saya menggunakan 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) saya caoba merefleksikan apa yang saya dapatka setelah mempelajari alur belajar MERDEKA di modul 2.1.
FACTS
Pada minggu ini CGP mulai belajar baru lagi modul 2 Guru Penggerak yaitu tepatnya 2.1.A. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Mulai dari Diri. Kegiatan ini memuat tentang pengalaman yang paling berkesan pada saat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam, pembelajaran berdiferensiasi, cara merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran
Eksplorasi Konsep. Kegiatan ini menjelaskan tentang seluruh materi Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid menggunakan serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan: Kurikulum Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya.
Bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar yang "mengundang' murid untuk belajar, Manajemen kelas yang efektif dan Penilaian berkelanjutan Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan murid karena setiap murid itu memiliki karakteristik, kesiapan belajar dan kebutuhan belajar yang berbeda.
Sehingga sebelum melaksanakan pembelajaran, kita dapat membuat pemetaan tentang kebutuhan murid. Yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid adalah dengan membuat pemetaan untuk memahami karakter dan bakat murid. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam usaha pemenuhan kebutuhan murid adalah aspek kesiapan belajar murid, minat murid, dan profil belajar murid.
Pada bagian ini ditampilkan dua video yang berisi tentang strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi, tiga strategi pelaksanaan pembelajaran diferensiasi berdasarkan pemetaan kebutuhan, meliputi:
Diferensiasi Konten.