Time management atau pengelolaan waktu merupakan keterampilan penting yang perlu dikuasai semua orang khususnya mahasiswa. Time management yang efektif adalah suatu peran penting yang harus dimiliki oleh setiap individu terutama mahasiswa. Di dalam konteks perkuliahan, kemampuan mengatur waktu dengan baik menjadi kunci kesuksesan setiap individu dalam mencapai tujuan hidup. Selain itu memudahkan individu dalam mencapai tujuan akademik, menjaga keseimbangan antara studi dan kehidupan masing-masing individu.
Time management melibatkan kemampuan seseorang untuk mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga mencapai tujuan yang ditetapkan. Dalam konteks perkuliahan, time management berarti mengalokasikan waktu yang cukup untuk kegiatan yang akan dihadapi. Mahasiswa seringkali dihadapkan pada tuntutan yang tinggi dalam hal menghadiri kuliah, mengerjakan tugas, mempersiapkan ujian, serta menjalani kegiatan ekstrakurikuler dan kehidupan sosial. Dengan mengelola waktu dengan baik, mahasiswa dapat menghindari penundaan, dan kelelahan yang berdampak negatif pada kualitas belajar.
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam time management yaitu menentukan prioritas. Mmebuat prioritas bukanlah satu hal yang sulit, jika terbiasa dilakukan maka akan berjalan dengan semestinya. Misalnya membuat daftar tugas atau to do list setiap harinya, dengan mencatat apa saja yang perlu diselesaikan, seperti menghadiri kuliah, menyelesaikan tugas, membaca materi, atau mempersiapkan segala aktivitas. Kemudian, berikan prioritas dengan mencatat tanggal pada setiap tugas berdasarkan urgensi dan pentingnya. Dengan mengetahui tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, serta dapat mengalokasikan waktu dengan baik dan bijak, serta menghindari penundaan yang tidak perlu.
Setelah itu langkah kedua menentukan prioritas, mulai membuat jadwal yang terstruktur untuk aktivitas perkuliahan, memastikan jadwal yang dibuat realistis dan sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Dengan memiliki jadwal yang terstruktur, kita dapat mengoptimalkan penggunaan waktu dan menghindari kebingungan atau penundaan. Selain itu teknologi juga dapat membantu menjadi alat yang sangat berguna dalam mengatur time management seperti, hadirnya aplikasi kalender atau aplikasi seperti to do list lainnya sangat membantu dalam mengatur jadwal, mengingatkan tenggat waktu, dan mengatur segala prioritas. Selain itu, manfaatkan juga aplikasi produktivitas yang dapat membantu mengurangi gangguan dan meningkatkan fokus, seperti aplikasi pemblokir waktu atau pengingat untuk istirahat. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita khususnya kalangan mahasiswa dapat lebih efisien dalam menggunakan waktu.
Namun, di sisi lain ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur time management, antara lain hapus gangguan-gangguan yang dapat mengganggu produktivitas keseharian. Hindari penggunaan waktu untuk hal yang tidak begitu penting. Hindari terlalu sering menyelam ke dalam media sosial, seperti scroll sosmed dan sebagainya supaya tujuan dapat tercapai dengan maksimal.
Namun, time management yang efektif bukan berarti kita mengabaikan pentingnya mengembangkan opini yang kuat dan terbuka. Sebagai mahasiswa, kita tetap harus memanfaatkan waktu kita untuk mempelajari berbagai sudut pandang, berdiskusi hal positif dan melibatkan diri dalam perdebatan yang membangun. Serta emiliki opini yang kuat dan terinformasi memungkinkan kita untuk dapat berpartisipasi dalam diskusi akademik, merangsang pemikiran kritis, dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang subjek yang dipelajari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H