Mohon tunggu...
Egidia Aisyah Elsa Putri
Egidia Aisyah Elsa Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa AM UM, Meningkatkan Potensi Siswa-siswi SMK Negeri 1 Malang dengan Mengadakan Seminar SMARTS ERA dan Sekolah Sukses Mengadakan P5

20 Juni 2024   18:05 Diperbarui: 20 Juni 2024   19:19 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1 foto mahasiswa AM prodi Pendidikan Tata Niaga dengan pemateri/dokpri

Program Asistensi Mengajar (AM) pada satuan pendidikan merupakan salah satu program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) dari Universitas Negeri Malang.Yang bertujuan untuk memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas , kepribadian, kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan yang baru seperti kemampuan mengajar, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. dalam pelaksanaan Asistensi Mengajar mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan selain itu dengan melihat peluang digital marketing yang akan membawa perubahan mahasiswa program studi pendidikan tata niaga mengadakan seminar dengan tema SMARS ERA (seminar optimazing marketing strategies throught on social media at 5.0 digital marketing).di mana seminar ini bertujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran dari siswa dan siswi SMK Negeri 1 Malang mengenai pentingnya pemasaran di sosial media untuk melakukan strategi pemasaran secara digital.

Seminar ini diadakan pada tanggal 31 Mei 2024 hari jum'at pukul 08.00 WIB.dengan pemateri Amanda N.F, pada seminar ini terdapat peserta dari jurusan pemasaran yang terbagi menjadi dua keahlian yaitu bisnis digital dan bisnis retail dengan kelas X PM 1, X PM 2, X PM 3, X PM 4, XI BDIG 1, XI BDIG 2, XI BRTL 1, dan XI BRTL 2. Pemateri menjelaskan bagaimana melakukan marketing di media sosial dengan pembuatan konten marketing di tiktok atau reels instagram. Dimulai dengan menemukan keunikan dari sebuah produk, apa perbedaan yang dimiliki produknya atau valuenya.menentukan targer market seperti gender, usia, kebiasaan, lifestyle dan pendapatan.Pemateri juga menjelaskan dengan mencari masalah dan membuatkan solusi dari masalah tersebut dalam bentuk konten. tipe konten juga beragam contohnya ada problem solving (fakta, masalah dan solusi) dan telling story (tidak menceritakan produk dan fokus pada fungsi produk) serta rumus dari pembuatan konten ada hook, probem dan solusi.

Gambar 2 P5 (pertunjukan seni dari kelas X)/dokpri
Gambar 2 P5 (pertunjukan seni dari kelas X)/dokpri
Mahasiswa asistensi mengajar juga membantu mendampingi siswa dalam kegiatan P5.P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dari pembelajaran berbasis proyek di dalam kelas. Sebagai sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, P5 memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai bagian dari penguatan karakter, sekaligus memberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.P5 : Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Malang baru saja menggelar acara bertema "Gelar Karya: Pergelaran Pameran dan Mural". Acara ini dirancang untuk mengasah kreativitas dan kemampuan seni siswa sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan bakat artistik siswa, acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik, menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat rasa kebersamaan dan gotong royong di kalangan siswa.

Gambar 3 P5 (kegiatan siswa kelas XI dalam pembuatan mural)/dokpri
Gambar 3 P5 (kegiatan siswa kelas XI dalam pembuatan mural)/dokpri

Pameran seni ini menampilkan berbagai penampilan beberapa drama/seni pertunjukkan yang dibuat oleh siswa-siswi kelas X dan beberapa ada yang berjualan makanan, lukisan, tanaman. Setiap karya seni memiliki tema dan pesan tersendiri, menggambarkan pemikiran dan perasaan siswa terhadap berbagai isu sosial dan budaya. Siswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif, yang membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis. Pameran ini juga menjadi sarana bagi siswa-siswi untuk belajar mengorganisir sebuah acara besar, dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan, melibatkan berbagai peran dan tanggung jawab.Selain pameran seni, acara ini juga menampilkan mural-mural yang dibuat oleh siswa-siswi kelas XI di dinding sekolah. Proses pembuatan mural ini dilakukan secara kolaboratif, di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk merancang dan melukis mural yang menggambarkan tema-tema seperti meraih mimpi, stop bullying, seorang pahlawan., budaya, dan keberagaman. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan artistik siswa tetapi juga mengajarkan pentingnya kerja sama dan komunikasi dalam menyelesaikan sebuah proyek. Mural yang dihasilkan memberikan nuansa baru pada lingkungan sekolah, menjadikannya lebih berwarna dan inspiratif.

Acara "Gelar Karya: Pergelaran Pameran dan Mural" juga melibatkan partisipasi aktif dari guru, mahasiswa asistensi mengajar UM. Kehadiran mereka tidak hanya sebagai penonton tetapi juga sebagai pendukung dan kritikus yang memberikan apresiasi dan masukan konstruktif. Melalui interaksi ini, siswa belajar menerima umpan balik dengan positif dan melihatnya sebagai peluang untuk berkembang. Selain itu, keterlibatan komunitas dalam acara ini membantu memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh.Dengan suksesnya acara ini, SMK Negeri 1 Malang berhasil menunjukkan bagaimana program P5 dapat diimplementasikan secara efektif untuk meningkatkan potensi siswa. "Gelar Karya: Pergelaran Pameran dan Mural" tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan keterampilan seni, tetapi juga menjadi platform untuk memperkuat karakter dan nilai-nilai Pancasila dalam diri siswa. Melalui kegiatan ini, siswa belajar pentingnya ekspresi diri, kerja sama, dan tanggung jawab sosial, yang semuanya merupakan bekal penting bagi mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Disusun Oleh :

1. Egidia Aisyah Elsa Putri

2. Annisa Ulil Azmi

3. Davanda Indrianti Nikita 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun