Anda memiliki usaha fashion. Lalu, berpikir menggunakan pemasaran digital untuk menjangkau pelanggan. Dari sekian opsi pemasaran seperti Facebook, TikTok, dan platform lainnya, Anda ternyata memutuskan menggunakan SEO.
Pertanyaannya, apakah SEO tepat untuk pemasaran produk fashion?
Jawabannya, ya, itu adalah langkah tepat.
Namun, Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi rintangan berat dan memikirkan strategi yang lebih keras.
SEO untuk produk fashion memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sebaiknya SEO digunakan jika brand Anda sudah sangat kuat, bukan untuk menarget pembelian langsung dari hasil pencarian Google.
Kenapa demikian? Dari segi algoritma Google, hasil pencarian untuk produk fashion sudah dipakem khusus untuk website berotoritas inggi, semisal Shopee, Tokopedia, dan sebagainya.
Karena itu, saat Anda mengetik kata kunci "celana cargo untuk wanita", Anda akan menemukan banyak website marketplace pada halaman pertama hasil pencarian.
Wah, tidak adil dong jika hanya website besar yang tampil. Ya, ini memang terkesan dikriminasi terhadap bisnis keci.
Tetapi, Google mencoba untuk mencegah praktik penipuan dan pembajakan dari website otoritas rendah yang memanfaatkan itensi orang dalam berbelanja.
Tantangan SEO pada Produk Fashion
Jika Anda tetap menginginkan bersaing di mesin pencarian, kemungkinan besar website Anda tampil pada halaman dua, tiga atau lebih.