PEMBELAJARAN berdiferensiasi menurut pandangan saya pribadi adalah pembelajaran yang membutuhkan kreatifitas seorang guru untuk mengakomodir kebutuhan belajar murid. Di mana guru dalam hal ini harus pandai-pandai mencari dan memahami kebutuhan dasar semua siswa dalam kelas. Sebab semua siswa masing masing mempunyai karakter yang berbeda beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama .
Adanya pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti bahwa perlakuan dan tindakan terhadap siswa yang berbeda untuk semua murid.
Ciri-ciri dan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain: Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid dan manajemen Kelas Efektif .
Untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, guru perlu melakukan beberapa langkah kunci:
1. Identifikasi Kebutuhan Siswa : Pahami perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa.Â
2. Gunakan Sumber Daya Beragam: Pilih materi dan metode pengajaran yang bervariasi, seperti video, buku teks dengan tingkat kesulitan berbeda, dan aktivitas interaktif.Â
3. Merapkan Metode Pengajaran Berbeda: Gunakan teknik seperti diskusi kelompok, ceramah, atau presentasi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda.Â
4. Berikan Pilihan kepada Siswa: Izinkan siswa memilih topik atau metode pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka.Â
5. Kolaborasi dengan Siswa: Libatkan siswa dalam proses pembelajaran dan minta umpan balik tentang metode yang efektif bagi mereka.
Dari sudut pandang saya pribadi menggatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat bermanfaat untuk kemajuan dalam dunia Pendidikan sebab , mencakup dari beberapa bidang yang sasarannya akan memperkuat keyakinan diri dan tekad pada murid kita untuk maju kedepan.
Posisi kita sebagai seorang pendidik tentunya kita akan mengalami berbagai tantangan dan hambatan ,guru harus tetap bersikaf positif