Praktik ini cukup penting untuk dibagikan karena dalam praktik ini berusaha memaksimalkan pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran yang notabene smartphone ini dimiliki oleh setiap peserta didik. Bahkan, dampak negatifnya pun sangat besar.Â
Tentu kritik dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan ke depan. Dalam praktik ini, saya berperan dan bertanggung jawab sebagai tenaga pendidik yang berfungsi memfasilitasi dan membimbing peserta didik agar penuh motivasi dan partisipatif atau aktif dalam proses pembelajaran.Â
Identifikasi masalah berdasarkan hasil observasi ditemukan hasil seperti berikut:Â
Motivasi dan partisipasi belajar peserta didik masih kurangÂ
Peserta didik belum menunjukkan semangat atau motivasi belajar di kelas.Â
Peserta didik pasif dalam proses pembelajaran
Tenaga pendidik kurang memahami metode atau model pembelajaran serta penerapannya
Tenaga pendidik masih kesulitan dalam menentukan model atau metode pembelajaran inovatif
Tenaga pendidik masih cenderung menggunakan metode konvensional atau ceramah.
Kurang pemanfaatan teknologi (TIK) atau inovasi dari guruÂ