Mohon tunggu...
Hardiyanti Kusuma Wardhani
Hardiyanti Kusuma Wardhani Mohon Tunggu... Lainnya - Creative Writer | Mandala Enthusiast

Saya percaya bahwa selalu ada sesuatu yang baru untuk ditemukan dan setiap pengalaman adalah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Belajar Art Journaling

8 Mei 2023   13:09 Diperbarui: 8 Mei 2023   13:13 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Art journaling | Photo by George Milton

Art journaling adalah cara yang fantastis untuk menghasilkan karya seni dan mengekspresikan diri. Bagi saya, art journaling adalah bentuk meditasi aktif. Saya menggunakan art journaling untuk mengekspresikan perasaan, emosi, dan pengalaman hidup saya. Ini membantu saya mengatasi stres dan kecemasan.

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa art journaling adalah hal yang hanya cocok bagi orang-orang yang sudah terampil dalam seni. Namun, sebenarnya, siapa pun dapat membuat art journal. Tidak ada aturan yang benar atau salah dalam art journaling, hanya ekspresi pribadi yang bebas. Itu sebabnya saya mulai suka membuat art journal. Saya tidak perlu khawatir tentang hasil akhir, hanya tentang ekspresi diri saya.

Tidak perlu banyak peralatan untuk membuat art journal. Yang dibutuhkan hanyalah buku catatan, alat tulis, dan alat gambar. Anda bahkan bisa memulainya dengan menggambar dengan drawing pen atau menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.


Art journaling juga dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan keterampilan kreatif dan membantu seseorang menemukan ide-ide baru. Ketika saya merasa terjebak dalam rutinitas kreatif, saya biasanya merujuk pada art journal saya untuk menemukan inspirasi baru.

Secara keseluruhan, art journaling adalah cara yang luar biasa untuk mengekspresikan diri dan mengeksplorasi kreativitas. Saya berpendapat bahwa semua orang seharusnya mencoba art journaling, terutama mereka yang sering merasa tertekan dan perlu tempat untuk mengeluarkan perasaan mereka. Siapa tahu, mungkin saja art journaling dapat membantu Anda menemukan rasa damai dalam hidup Anda.

Dalam art journaling, tidak ada aturan yang benar atau salah. Hanya ada kebebasan untuk mengekspresikan diri kita sendiri." - Unknown

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun