Dalam siaran pers Bank Indonesia pada 31 Oktober 2023 dijelaskan bahwa Bank Indonesia (BI) berhasil meraih penghargaan pada 3 (tiga) kategori dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2023, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ketiga penghargaan tersebut diberikan atas sejumlah produk komunikasi yaitu siaran pers, website, dan media internal terbaik dalam mendukung tema tahun ini yaitu Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.
saat ini, Bank Indonesia memiliki berbagai channel komunikasi dalam media sosial diantaranya adalah Instagram dengan lebih dari 884 ribu followers, Facebook dengan lebih dari 132 ribu followers, Youtube dengan lebih dari 103 ribu subscribers.
Upaya komunikasi Bank Indonesia ke masyarakat melalui channel komunikasinya di sosial media terlihat cukup aktif diantaranya adalah lebih dari 3100 postingan Instagram dan lebih dari 1300 video Youtube.
Gaya komunikasi Bank Indonesia dipandang sangat baik karena menggunakan gaya bahasa komunikasi yang populer dan mudah dimengerti oleh berbagai kalangan masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami penjelasan terkait berbagai kebijakan Bank Indonesia.
Selain mengkomunikasikan berbagai kebijakannya kepada masyarakat, Bank Indonesia menggunakan channel atau akun sosial medianya untuk memberikan penjelasan atau pemahaman mengenai berbagai topik terkait Bank Indonesia kepada masyarakat.Â
Sebagai contoh, untuk mengkomunikasikan penyelenggaraan Keketuaan ASEAN 2023 , BI telah menerbitkan berbagai produk komunikasi di antaranya adalah 37 (tiga puluh tujuh) siaran pers yang berkaitan dengan perhelatan ASEAN, website yang memuat publikasi dan landing page khusus ASEAN, dan penerbitan majalah FOKUS sebagai sarana edukasi dan informasi bagi internal BI.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H