Mohon tunggu...
Erika Oktarini
Erika Oktarini Mohon Tunggu... wiraswasta -

Education artist di Eduartion Studio

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa itu Mind Map Painting?

27 November 2013   19:21 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:36 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13855547681172920716

Mind map painting adalah jenis lukisan yang menggunakan mind map sebagai elemen dasarnya. Pada awalnya, saya mulai menggambar mind map untuk mempermudah komunikasi dengan siswa dalam menjelaskan pelajaran. Tapi karena saya suka menggambar dan bercerita, jadilah mind map itu seperti lukisan yang mengandung cerita. Setelah menggambar dan juga mewarnai beberapa mind map, saya pikir ini bisa jadi genre tersendiri dalam dunia lukis-melukis...hehehe. Di dalamnya ada unsur mind map, cerita, warna, ikon, jangkar pengingat, dan dekorasi. Saya mulai menyukai membuat lukisan-lukisan ini karena selain berguna, menghibur, juga jadi sarana saya berekspresi. Murid-murid dan para guru di Matrik Ladang Belajar pun jadi ketularan. Guru-guru mulai asyik juga membuat mind map, begitu juga murid-murid. Lalu para guru ini pun semangat menularkannya di beberapa sekolah lain di Jogja. Tapi sementara ini baru para siswanya saja yang belajar membuat mind map, Bapak Ibu guru belum sempat.  Lebih lanjut Pak Baskara Aji Kadarmanta, Kepala Dikpora DIY, menerima ide kita untuk menularkan demam mind map painting di kalangan guru. Dimulailah workshop melukis mind map bagi para guru pada  Februari 2013 lalu. Syukurlah feedback yang kita terima dari para guru dan siswa ini sangat baik. Keluh kesah tentang sulitnya menggambar pun lambat laun terkikis seiring dengan tumbuhnya kepercayaan diri. Ternyata siapa saja bisa menggambar, karena menggambar itu hanyalah masalah keberanian bercorat-coret ria dengan sudut pandang yang berbeda. Demikian inti dari workshop mind map ini. Oh ya omong-omong, soal workshop mind map, ini diadakan gratis lho alias kita tidak memungut biaya untuk meluangkan waktu berbagi tips dalam menggambar mind map. Nah dalam tulisan-tulisan saya berikutnya saya akan mengupas lukisan mind map yang telah saya buat satu per satu. Ada juga mind map buatan para siswa saya yang wow keren. Semoga bermanfaat dan  bisa menyumbangkan ide-ide ya. Sebenarnya mind map-mind map itu sudah saya taruh di website Eduartion (www.eduartion.com). Bahkan boleh diunduh gratis. Niatnya sih pingin dibagi-bagi aja gitu biar bermanfaat dan bisa bikin seneng orang lain juga. Kenapa pingin bikin seneng orang lain? Ya soalnya saya juga senang....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun