Mohon tunggu...
Edrizal Wahdi
Edrizal Wahdi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa institut tazkia bogor, kuliah di fakltas ekonomi dan bisnis syariah, prodi management bisnis syariah. #belajaruntuknegrimembangunperadabanislami

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi The Concept of Bussines-Level Strategy at Kopi Kenangan

29 Desember 2023   14:59 Diperbarui: 29 Desember 2023   15:22 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dorongan persaingan antar perusahaan bisnis telah memasuki masa persaingan yang
semakin ketat. Dengan majunya perkembangan teknologi dan pengetahuan saat ini, cepat
atau lambat perusahaan harus mengubah pola manajemen strateginya. Pada hal ini
perusahaan harus siap mencocokkan manajemen strateginya dalam berkompetisi dengan
perusahaan lain. Dalam perusahaan yang sukses terdapat kemampuan dan kebijakan
manajemen strategik yang tepat dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis ini.
Menurut Pearce dan Robinson (2013), strategi bisnis adalah "rencana permainan"
perusahaan. Strategi menggambarkan persepsi perusahaan tentang bagaimana, kapan dan
di mana perusahaan harus bersaing dengan para pesaingnya, dan dengan tujuan dan
sasarannya apa.

Proses manajemen strategi menjelaskan manfaat yang berkaitan dengan kepuasan para
pelanggan dari sudut pandang pesaing. Dengan berpusat pada kepentingan pelanggan,
beberapa perusahaan besar mewujudkan posisi persaingan mereka dengan memberikan
pelayanan terbaik kepada pelanggan dan bermitra dengan pemasoknya. Tanpa posisi ini
perusahaan akan berada dalam kesulitan untuk bertahan dari kompetisi antar perusahaan.

pada tahun 2017, kopi Kenangan, perusahaan kopi minuman yang bergerak di bidang "new retail", didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa.

Ide ini mula ketika pendirinya memiliki misi untuk menyebarkan pasion mereka terhadap kopi kualitas tinggi dari Indonesia ke Asia. Kopi Kenangan adalah perusahaan ritel kopi O2O di Indonesia yang didirikan pada tahun 2017. Perusahaan ini memiliki model bisnis "new retail" yang menggabungkan toko fisik dan online. kopi di industri minuman saat ini, kopi kenangan menerapkan level strategi perusahaan yang
tepat yaitu strategi differentiation
Strategi differentiation yaitu strategi yang mendorong suatu perusahaan untuk
mencari keunikan pada produk mereka sendiri di pasar sasaran. Kopi kenangan  menggunakan
differentiation untuk menciptakan citra yang baik di mata customer. Hal tersebut
memberikan minat pada pelanggan dimana kopi kenangan  berbeda dengan kopi lainnya dan
dapat dinikmati seiring pelayanan serta kenyamanan yang diberikan.

Beberapa aspek penting dari Kopi Kenangan meliputi:

Penggunaan model "new retail" yang menggabungkan toko fisik dan online

  • Mengurangi ukuran toko hingga 10-20% dibandingkan dengan kafe bisnis asli, sehingga biaya per toko dapat dipangkas
  • Mempersiapkan produk dan layanan yang unik dan menarik, seperti Es Kopi Kenangan Mantan dan produk lokal seperti Cerita Roti dan Chigo
  • Memiliki sistem backend yang kuat untuk melacak inventaris secara real-time dan memotong pemborosan hingga hampir nol
  • Membangun rekayasa konsumen yang kuat dan terus berinovasi dalam produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Dalam beberapa tahun terakhir, Kopi Kenangan telah menarik investasi dari berbagai modal ventura, seperti Sequoia Capital, Arrive, Serena Ventures, dan Alpha JWC Ventures.

Perusahaan ini telah berhasil mencapai status unicorn dengan mengumpulkan lebih dari $240 juta dari investor berkualitas tinggi.
Analisis Tipe Level Strategi Bisnis pada kopi kenangan
Tipe level strategi bisnis pada Kopi Kenangan melibatkan beberapa aspek penting yang membantu perusahaan ini berkembang dan menjajaki pasar. Berikut adalah beberapa tipe level strategi bisnis yang dapat ditemukan pada Kopi Kenangan:

1. Expansi Pasar: Kopi Kenangan memiliki strategi marketing yang memungkinkan perusahaan ini untuk mengembang ke pasar global[1]. Dengan memiliki representasi di setiap daerah yang ada, Kopi Kenangan dapat menemukan pasar dan mengajarkan produk mereka ke pelanggan di luar Indonesia.

2. Pemasaran Online: Kopi Kenangan telah memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar.

3. Produk Lokal: Kopi Kenangan memiliki produk lokal seperti Es Kopi Kenangan Mantan, Cerita Roti, dan Chigo. Dengan menawarkan produk lokal yang menarik, perusahaan ini dapat menjawab kebutuhan pasar dan meningkatkan posisi mereka di pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun