Mohon tunggu...
Berlianda Edrarosa
Berlianda Edrarosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - babe17

Mahasiswa Rantau

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Simak Cara Content Creator Manejemen Kontennya!

6 Juli 2021   20:40 Diperbarui: 6 Juli 2021   20:54 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Hallo sobat kompassiana,Gimana kabarnya? Baik- baik saja bukan?Semoga sehat selalu dimanapun kalian berada, Tetap jaga protokol kesehatan yaa sobat! Jangan lupa mencuci tangan, Mengenakan masker, dan Jaga jarak yaa... Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, supaya kita bisa melakukan aktivitas  seperti biasa. Sebelumnya saya juga sudah menuliskan "Pengalaman Sebagai Content Creator", nah kali ini saya akan menuliskan Pengalaman Mengelola & Mengevaluasi konten Video Cinematic di Instagram"
 
Sebelum itu saya seperti biasanya saya akan memperkenalkan diri dulu, Nama saya Berlianda Edrarossa, Asal saya dari Pekanbaru,Riau. Saya merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Kini saya saya sedang menempuh perkuliahan di semerter 4. Okehh... cukup itu saja yaa sobat saya perkenalannya...
 
Pada era digital saat ini, kita tengah dihadapi dengan segala perkembangan trend serta update yang terjadi di dunia digital. Hal ini sangat berhubungan dengan kebutuhan manusia akan informasi dan teknologi. Guna melengkapi kebutuhannya, manusia menggunakan berbagai cara dan media. Tak terlepas juga dengan perkembangan media komunikasi yang semakin signifikan dengan kecanggihan teknologi di seluruh dunia. Media digital memiliki keunggulan dalam peyampaian pesan yang dapat dikirim dengan kapasitas data yang cukup besar dan media penyimpanannya yang tidak terbatas karena menggunakan jaringan internet. Perkembangan teknologi dan internet yang sangat pesat ini yang telah membantu masyarakat dalam mendapatkan dan menyampaikan informasi. Jangkauan dari media komunikasi digital ini memang bisa secara luas menjangkau khalayaknya.
 
Sebanyak 64,8 % dari total populasi penduduk Indonesia ialah pengguna internet aktif dan hal ini mengalami peningkatan jumlah dari tahun sebelumnya yaitu diangka 54,68%. Begitu juga dengan penggunaan dan perkembangan media sosial terus berkembang hingga saat ini. Sejalan dengan mudahnya akses internet bagi banyak orang, internet of things, dan faktor-faktor lainnya. Media sosial saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Masyarakat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berbagi tentang segala hal mengenai keseharian mereka, ataupun momen-momen penting dalam hidup mereka agar dapat berbagi dengan khalayak ramai. Tidak hanya itu, media sosial juga dapat berfungsi sebagai media untuk berbagi berita dan pengetahuan sehingga dapat menambah informasi bagi para penggunanya.
Salah satu jenis media sosial popular yang mendukung dalam mengunggah dan berbagi gambar adalah instagram. Sebagai media sosial dengan bentuk jejaring sosial berbagi foto/video, Semakin meningkatnya pengguna instagram terlebih media sosial ini dapat digunakan secara mobile di perangkat bergerak seperti telepon genggam atau komputer tablet dan juga banyak fitur-fitur dalam instagram yang menarik minat para penggunanya untuk lebih eksplore platform media sosial Instagram maka kelebihan - kelebihan ini yang menjadikan siapapun akan senang dan mudah mengakses Instagram dimanapun dan kapanpun. Pada sisi semakin pesatnya pengguna instagram ini juga yang dijadikan sebagai media informasi.
 
Dalam mengelola dan mengevaluasi sebuah konten video cinematic di instagram saya melalukan hal ini untuk tercapainya keinginan saya dalam berkonten.
 
Pertama yang saya lakukan adalah mencari Konsep
Sebelum masuk proses pengambilan video, terlebih dahulu saya  memikirkan konsep apa yang mau dibuat dalam viodeo cinematic tersebut. Dalam kosep tersebut meliputi,menntukan tema video cinematic yang akan dibuat, memikirkan alurnya bagaimana,menentukan dimana lokasi, kapan waktu pengambilan video, apa saja yang mau di shoot.
Setelah menemukan konsep, saya mulai melakukan proses  pengambilan video seuai konsep  yang telah di buat sebelumnya, Kenapa saya membuat konsep sebelum proses pengambilan video? Jawabannya ialah untuk mempermudahkan saya waktu proses pengambilan video karena sudah tau tahap-tahap yang akan di proses.
Tahap Proses pengambilan video telah selesai dilakukan barulah masuk di tahap editing. Dimana tahap ini saya memotong dan menyatukan dari video satu hingga video akhir, lalu memberikan transisi, audio, efect, dan menambahkan colorgrading untuk membangun suasana sesuai tema, alur, dan konsep cerita dan memberikan efek cinematic looks. Sebelum berakhirnya proses tahap editing, saya memeriksa berulang kali video tersebut untuk memdapatkan hasil yang maksimal.
Setelah semua tahap telah selesai, barulah saya mengupload hasil dari video cinematic itu ke dalama media sosial Instagram,tidak lupa menambahkan #hastag atau menandai akun instgram repost cinematic yang bertujuan untuk menambah viewers.
 
Saya  masih pemula dalam dunia video cinematic dan masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki,kekurangan di peralatan yang belum banyak saya miliki,kekurangan dalam skill yang belum saya pahami,kekerungan dalam mengelola konten video cinematic, Tapi dari semua kekurangan itulah memdorong saya bertekat merubah menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam berkonten khususnya di video cinematic
 
 
 
Terimaksih telah membaca Sobat!!!
Salam dari Saya Berlianda Edrarosaa
 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun