Mohon tunggu...
Edmundus Dewa
Edmundus Dewa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Dari Kampanye Lingkungan Menjadi Sarana Pembentuk Dialog Publik

3 Desember 2017   11:57 Diperbarui: 3 Desember 2017   12:34 1587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Identitas dari kampanye lingkungan sendiri bisa dilihat dari hal kecil seperti isu perubahan cuaca dan sebagainya. Identitas dari kampanye lingkungan didasarkan pada gagasan yang efektif dari pesan yang diberikan oleh lingkungan itu sendiri, yang dapat dibantu melalui penerapan ilmu pengetahuan secara kognitif oleh ahli komunikasi yang profesional. 

Kemudian para ahli tersebut dapat mempengaruhi opini publik dengan baik, dan kemudian mendukung tindakan legislatif untuk memperbaiki masalah lingkungan. Kampanye identitas berfokus pada proses komunikasi yang berpusat pada elite sebagai pemimpin dari komunikasi satu arah, yang memungkinkan adanya keterlibatan masyarakat dan dialog dari publik. 

Hal ini mendorong terciptanya proses perubahan secara demokratis, memperkuat profesionalitas dari wacana politik, mengarah untuk memperlemah kapasitas mobilisasi dari berbagai macam isu lingkungan. Intinya adalah proses komunikasi lingkungan bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pembuatan keputusan yang demokratis.

Bukti ilmiah tentang keadaan lingkungan menunjukan situasi yang sangat mengerikan saat ini. Komunikasi lingkungan adalah salah satu bagian penting dari proses tersebut, agar kejadian kejadian lingkungan dapat disadari dan diselesaikan bersama. Suatu Kampanye, biasanya didasarkan pada suatu gagasan yaitu bila semakin kuat dan efektif pesan dari lingkungan itu sendiri maka kan lebih mudah untuk diterapkan serta dikembangkan. 

Kemudian seperti yang dijelaskan diatas bahwa ilmu kognitif oleh pakar komunikasi profesional dapat menjadi sarana yang baik dalam membentuk opini publik, sehingga publik sudah terkonstruksi bersama untuk lebih peka dan "melek" lingkungan. Karena pendekatan komunikasi lingkungan didasarkan secara eksklusif pada ilmu pengetahuan yang kognitif, retorika, dan psikologi, mereka tidak memiliki basis yang kontekstual dalam teori besar lainnya. Struktur peran komunikasi mereka sebagai fasilitas sarana perubahan sosial berskala besar.

Kampanye lingkungan mungkin menawarkan suatu keuntungan jangka pendek, kemungkinan besar mereka tidak mampu mengembangkan skala besar karena mobilisasi yang diperlukan untuk memberlakukan perubahan sosial dan ekonomi secara masif.

Teori dari sosiologis telah mengidentifikasi beberapa institusi masyarakat sipil sebagai situs utama untuk menjadi sebuah patokan perubahan sosial berskala besar. Masyarakat sipil dibentuk secara sukarela dari institusi tersebut dan tidak dikendalikan oleh negara maupun pasar. Independensi ini merupakan kunci dari masyarakat sipil untuk dijadikan acuan sebagai generasi perubahan sosial. 

Namun, institusi ekonomi dan politik telah membatasi beberapa tindakan dari kapasitas tindakan dengan jarak yang harusnya besar, malah menjadi semakin sempit. Seiring tatanan sosial modern berkembang, pasar menggantikan koordinasi produksi dan pertukaran melalui aksi tradisional dan barter. Politik dan ekonomi membatasi kebijakan dalam parameter yang ditentukan oleh kewajiban mereka. Sedangkan pasar, bertanggung jawab memasimalkan laba atas investasi melalui ekspansi ekonomi yang berkelanjutan.

Lakoff dan ecoAmerica merupakan dua perusahaan yang melakukan kampanye lingkungan dengan mengubah opini publik terlebih dahulu dan melihat perkembangan perubahan sosial yang ada. Meskipun ada perbedaan kecil dalam pendekatan mereka dalam membuat kampanye, Lakoff dan ecoAmerica membuat suatu kampanye yang hampir serupa yaitu melakukan promosi dari sebuah pendekatan berbasis pemasaran secara khusus dan personal ke arah publik. 

Lakoff lebih melakukan pendekatan identias, mengacu pada nilai inti yang progresif. Masing-masing dari perusahaan menggunakan teknik penelitian yang berbeda, ada yang menggunakan Focus Groups Versus Cognitive Science dan ada yang menggunakan teoritis dasar (pemasaran versus identitas). Kedua pendekatan berbasis penelitian mereka memiliki inti yang sama dalam mempengaruhi opini publik.

Apa yang sudah dilakukan oleh kedua perusahaan Lakoff dan ecoAmerica dapat diambil suatu pelajaran yang menarik dalam mempengaruhi opini publik untuk lebih peka terhadap lingkungan. Meneliti dtrategi penyampaian pesan dari kampanye Lakoff dan ecoAmerica akhirnya menimbulkan tingkat permasalahan yang harus dipermasalahkan. Sehingga masyarakat / publik merasakan suatu perubahan dan melakukan suatu perubahan untuk lingkungan.│

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun