Mohon tunggu...
ERNA DWI JAYANTI
ERNA DWI JAYANTI Mohon Tunggu... -

saya adalah mahasiswa tansfer PGSD UNS tahun 2010/2011.. saya ingin menjadi orang yang lebih baik... menjadi guru yang profesioan selalu mengikuti perlembangan IPTEK..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hubungan Seni, Kreativitas, dan Estetis pada Musik

1 November 2010   14:17 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:55 898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mempelajari seni khusunya seni musik dirasa memang mudah...tapi ternyata musik itu lebih sulit looh dari matematika...dalam musik ada matematika juga loh seperti menghitung notasi ½, ¼, 1/8, 1/16, dll.. di matematika ga ada pelajaran mengetuk..hya di musik sja kita mempelajari ketukan..mungkin bagi para seniman musik berpendapat lain tentang mempelajari musik..tapi tidak perlu dipermasalahkan...toh itu semua kembali pada diri kita.

Ternyata hubungan antara seni dengan kreativitas dan estetis khusus musik itu sangat erat, harus saling melengkapi dan membutuhkan. Untuk lebih jelasnya ada sedikit uraian singkat tentang hubungan seni kreativitas estetis khusus musik.

Kata “seni” adalah sebuah kata yang tidak asing dimana orang di pastikan mengenalnya, apa lagi untuk seorang guru, kadang kala seni itu dikatakan sulit dipelajari tapi semua itu kembali pada diri kita, setiap orang memiliki kadar pemahaman yang berbeda. Konon kata seni berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan.

Seni adalah sesuatu yang sulit dijelaskan dengan fakta namun seni dikenal sebagai karya manusia yang dihasilkan dari imajinasi suatu karakter dalam pribadi manusia yang dikeluarkan yang menghasilkan rasa keindahan dan keharuan melalui perasaan dan pikiran sehingga menggerakan perasaan manusia yang memuasakan bagi seluruh lapisan usia dan berpotensi besar dalam pendidikan anak.

Sedangkan kreativitas adalah kelebihan dalam rasa yang dimiliki oleh setiap orang yang dituangkan dalam berbagai bentuk maupun cara. Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda.

Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru (bersifat inovasi, belum ada sebelumnya, segar, menarik, dan aneh), berguna (dapat memberikan kepuasan, praktis, memudahkan, memperlancar dan sebagainya) dan dapat dimengerti (dapat dibuat dalam kesempatan lain).

Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah kelebihan dalam rasa yang dimiliki oleh setiap orang yang dituangkan dalam berbagai bentuk maupun cara melalui berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan orisinal, serta fleksibel dalam berpikir.

Estetis sendiri umumnya dikaitkan dengan keindahan dimana keindahan akan menjadi sempurna jika keindahan itu diciptakan.

Musik merupakan suatu perbuatan dalam menghasilkan suara atau nada yang akan menunjukkan karakter yang diciptakan. Sehingga menimbulkan rasa senang maupun kagum, baik dinikmati sendiri maupun dalam kelompok orang.

Musik dapat mempertinggi perkembangan kreativitas, fisik, sosial, intelektual, dan emosi.

Sehingga menurut saya hubungan antara seni, kreativitas dan estetis khusunya pada musik sangatlah erat dimana musik itu merupakan seni yang dapat mempertinggi kreativitas dan memiliki estetika tersendiri. Mereka salaing mengisi dan melengkapi..musik tanpa seni,kreativitas dan estetis dirasa hambar bagaikan sayur yang ga pake garam maupun gula...gimana rasanya...???

Untuk memperkuat pendapat saya dalam buku H.Y Padmono (2003: 71-72) dapat dijelaskanketerhubungan kajian seni terhadap kreativitas. Untuk mencapai tahap kreativitas estetis melalui konsep pembelajaran melalui seni dicapai melalui tahap-tahap : (1) pengetahuan; pengetahuan merupakan dasar untuk menuju tingkat yang lebih sulit, (2) apresiasi; kepemilikan pengetahuan akan memberi kemampuan pada individu untuk mengapresiasikan seni, kemampuan apresiasi tidak mungkin dilakukan tanpa pengetahuan tentang apa yang akan diapresiasikan, (3) keterampilan; pengetahuan dan apresiasi akan mendorong individu untuk memiliki keterampilan, (4) kreativitas; berdasar pengetahuan, penghargaan, kesukaan (apresiasi), dan keterampilan akan mendorong individu untuk membuat, menyusun, atau menciptakan suatu karya. Proses tersebut berkembang secara terpadu, baik seni tari, drama, rupa, dan musik sehingga tercapai pengembangan kreativitas estetis.

Ini sekelumitpengetahuan yang saya tahu, dan menjadi tambahan pengetahuan bagi saya karena jadi tau hubungannya antara seni, kraetivitas, dan estetis khusus musik....semoga tidak hanya menjadi tambahan pengetahuan bagi saya tetapi bagi semua pembaca..

Terima kasih pak atas tugas yang bpk berikan sehingga kami jadi lebih mengenal danmengerti tentang hubungannya antara seni, kraetivitas, dan estetis khusus musik...

NAMA: ERNA DWI JAYANTI

NIM: X7210043

KLS/SMSTR: A / V

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun