Mohon tunggu...
Edwin Effendi
Edwin Effendi Mohon Tunggu... profesional -

Technical Adviser @ Indomedia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Terkejut oleh HelloFest8

4 Februari 2012   14:30 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:04 698
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dear Friends, Infeksi jepang dimulai dari siapa, kapan, dan kenapa; sejujur saya sebenarnya kurang tau. Tetapi memang betul deh kalau budaya Jepang sudah mengalir sampai ke tanah air kita di Indonesia. Bukti-buktinya bukan hanya dari makanan, benda-benda, turisme ke jepang, sampai hiburan masal kalangan pemuda-pemudi Jepangpun sudah sangat kental sekali. Saya sebetulnya sangat mencintai budaya Jepang dan gak bakalan deh saya akan mengerti kenapa orang indo: makan sushi di Indonesia pakenya soy sauce sama cabe (musinya kan wasabi!), mobil-mobil yang di modif sampai nyaring seperti gentong, J-pop yang sempat trendi, dll. Jujur aja juga sayapun tidak pernah terlalu ingin berlebih-lebihan dengan berkostum karena kurang pede dan memang bukan "otaku" sejati. Sering sekali saya agak takut ke tempat-tempat cosplay, namun pada tanggal 4 Febuari 2012 ini saya sempat pergi karena ingin mengasah ilmu fotografi saya. Ternyata saya sangat salah berat tentang apa yang saya dulu pikir, komunitas budaya jepang di Indonesia memang sudah sangat kuat dan mempunyai banyak peminat yang tidak saja ingin hura-hura tapi sangat kreatif dengan apa yang mereka perbuat. Para pembuat acara yang kompak dapat melakukan acara ini dengan lancar dan sangat menghibur pengunjung acara ini (termasuk saya). [caption id="attachment_158968" align="aligncenter" width="413" caption="Pembawa Acara"][/caption] Saya dulu sempat meng-google, beberapa cosplay-cosplay yang sudah pernah di pentaskan oleh orang-orang lain, tetapi sayangnya dengan hanya sebuah foto yang hanya berisi yang di anggap "paling keren". Begitulah mulainya pemikiran saya bahwa cosplaying di acara-acara seperti ini agak membosankan dan menguras banyak waktu. Kembali lagi, saya telah salah lagi mengasumsi terlebih dahulu. Semua yang dipentaskan dan patut dipentaskan sudah saya lihat bahwa para peserta acara ini sudah sangat giat untuk menghasilkan karya yang dapat menghibur dan mengagumkan penonton dan fans. [caption id="attachment_158971" align="aligncenter" width="413" caption="Gatotkaca"]

13283654631845714978
13283654631845714978
[/caption] [caption id="attachment_158972" align="aligncenter" width="413" caption="Wayang Bliz"]
1328365558422380998
1328365558422380998
[/caption] Sesudah acara di panggung mengadakan istirahat, langsunglah saya mencoba melihat-lihat di Kartika yang terdiri dari stand makanan, action figures, kreasi kreatif, para sponsor, hiburan-hiburan yang unik, dll. Walaupun agak sukar untuk bergerak di dalam, isinya sangat sumpek dan mungkin sudah lebih dari kapasitas. Yang menarik dari Kartika adalah kebudayan seperti lelang toys, dan penjual-penjual yang begitu kreatif. Saya orangnya paling suka sama kopi tapi di sini gak ada kopi... adanya milk shake dan makanan jepang... jadi saya pesan okonomiyaki. Jadi terpaksa untuk menyegarkan diri yah karena adanya milk shake yang ultra manis dan kaget-kagetan ngeliat ada cowo yang bercosplay menjadi cewe hihihihi (sorry guys but i'm straight). [caption id="attachment_158973" align="aligncenter" width="413" caption="Tangan Dewa"]
13283656761403103468
13283656761403103468
[/caption] [caption id="attachment_158974" align="aligncenter" width="413" caption="Pick a Smile OTW Home?"]
1328365704790592191
1328365704790592191
[/caption] Hiburannya memang sekilas saja tapi memang sangat memuaskan, bukan hanya karena karya-karya yang sangat berkualitas tinggi, tetapi saya sangat terhibur oleh semangat-semangat peserta dan penonton pada hari itu. Saya tunggu acara selanjutnya yah dan enjoy foto-foto saya. Sayapun dapat pengalaman banyak yang menyenangkan dan berpengetahuan (secara photography yah :P). -Edwin Effendi P.S: Maaf Bahasa Indonesia saya memang agak kacau... But if you would like to hear it in English, be my guest :P.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun