Mohon tunggu...
Ervina Desiviola Tommy
Ervina Desiviola Tommy Mohon Tunggu... Lainnya - Content Writer

Senior Content Writer Executive at RevoU

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

5 Tren dan Strategi AI yang Akan Mengubah Strategi Marketing Global

31 Desember 2024   10:37 Diperbarui: 31 Desember 2024   11:10 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tahun 2025, AI tidak hanya menjadi tren di dunia marketing, tetapi sudah mengubah cara kita melakukan marketing maupun customer behavior terhadapnya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan yang ingin tetap relevan dan kompetitif di pasar untuk terus memahami dan menerapkan teknologi terkini. 

Dalam artikel ini, tim RevoU telah merangkum tren AI terbaru dalam marketing dan memberikan langkah-langkah praktis yang dapat diadopsi oleh berbagai perusahaan dalam strategi marketingnya.

#1 Hyperpersonalization dengan AI

Sekarang ini, banyak perusahaan yang menggunakan AI dalam strategi marketingnya seperti email, push notification, dan channel outbound lainnya.

Gartner memprediksi bahwa di tahun 2025, 30% dari pesan outbound marketing dari perusahaan-perusahaan besar akan digenerate oleh AI. Namun, menurut riset McKinsey, 71% konsumen berharap mendapatkan pengalaman yang dipersonalisasi.

Oleh karena itu, kemampuan AI untuk menganalisis data secara real-time membuka peluang besar bagi perusahaan untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar personal bagi konsumen dan menaikkan tingkat penjualan.

Contoh nyatanya, Amazon menggunakan Amazon Personalize dan Amazon Bedrock untuk membuat rekomendasi dan pesan outbound yang dipersonalisasi ke setiap usernya menggunakan generative AI dengan workflow berikut.

#2 Penggunaan AI dalam Perencanaan Strategis dan Pengambilan Keputusan

Di tahun 2025, kita akan bergerak dari analisis data yang basic ke era dimana AI menjadi partner berpikir strategis dan berpartisipasi secara aktif dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

Riset dari Korn Ferry mengatakan bahwa lebih dari 82% CEO dan pemimpin senior menyadari AI memberikan dampak positif dalam bisnisnya ketika manusia dapat berkolaborasi dengan AI sebagai partner kerjanya.

Dengan kemampuan dan database pengetahuannya, AI dapat memprediksi tren pasar dengan lebih akurat. Bahkan, dapat membantu simulasi campaign marketing secara keseluruhan dan optimasi alokasi sumber daya secara real-time.

#3 Pembuatan Konten Lebih Dinamis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun