Mohon tunggu...
Edelweis Gladis
Edelweis Gladis Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa UNIVERSITAS PGRI MADIUN Program Studi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sosialisasi "Optimalisasi Pemasaran Produk Melalui Pemahaman Digitalisasi: Strategi Menuju Kesuksesan" di Desa Balegondo, Ngariboyo, Kabupaten Magetan

17 Januari 2025   10:20 Diperbarui: 17 Januari 2025   11:03 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyampaian Materi Digital Marketing pada pelaku UMKM Desa Balegondo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan

Dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM di era digital, KKN-T PM Desa Balegondo Kelompok 33 Universitas PGRI Madiun mengadakan sosialisasi digital marketing untuk pelaku UMKM di Desa Balegondo. Kegiatan ini bertujuan agar UMKM Desa Balegondo dapat bersaing secara lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi digital yang berkembang pesat. 

Melalui sosialisasi KKN-T PM UMKM, mahasiswa hadir sebagai agen perubahan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pelaku usaha UMKM di Desa Balegondo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan pada tanggal 13 Januari 2025 tepatnya di Balai Desa Balegondo. Peserta undangan sosialisasi ini adalah para pelaku UMKM seperti pemilik usaha keripik tempe, kerupuk rambak, kerajinan kulit ikat pinggang, sepatu kulit, sapu dari bambu dan juga dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkatnya.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Dosen Pemateri dari Universitas PGRI Madiun, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen yaitu Bapak Dr. Hari Purwanto, S.E.,M.M. dan Ibu Dr. Heny Sidanti, S.E., M.M. Setelah penjelasan teori,  dilanjutkan dengan praktik langsung mengenai pembuatan akun sosial media yang dapat mendukung berkembangnya bisnis di era digital seperti akun google bisnis, menambahkan lokasi toko di google maps, dan pendaftaran akun shopee.

Kemudian diadakan sesi tanya jawab setelah penyampaian materi agar peserta dapat berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan dosen pemateri untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Respons dari pelaku UMKM sangat positif. Mereka mengapresiasi sosialisasi ini karena memberikan manfaat besar untuk pengembangan usaha mereka. Para peserta terlihat antusias dan bersemangat untuk mendalami dan mengaplikasikan pengetahuan baru yang mereka dapatkan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan usaha, pemasaran digital, serta inovasi produk, yang pada akhirnya dapat memperkuat perekonomian lokal dan mendukung keberlanjutan UMKM di tengah tantangan global.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pelaku UMKM dapat mengenalkan dan memasarkan produk-produk lokal yang mereka miliki agar dapat berkembang menembus pasar nasional atau pasar internasional.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun