Mohon tunggu...
Eddy Mesakh
Eddy Mesakh Mohon Tunggu... Wiraswasta - WNI cinta damai

Eddy Mesakh. Warga negara Republik Indonesia. Itu sa! Dapat ditemui di http://www.eddymesakh.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Meriahkan Dunia Maya dengan Tagline Wonderful Indonesia

21 Januari 2015   21:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:40 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_347342" align="aligncenter" width="630" caption="Perkebunan teh di kawasan sekitar Ciater, Subang, Jawa Barat.(Foto: eddy mesakh)"][/caption]

DUNIA masa kini sudah demikian canggih dengan tekologi informasi yang mampu menghubungkan miliaran manusia dalam satu jaringan. Ini sangat memudahkan setiap bangsa lebih mudah dikenal oleh masyarakat internasional. Tetapi teknologi ini seperti pedang bermata dua. Tinggal bagaimana kita secara kolektif mendukung promosi pariwisata Indonesia ke berbagai penjuru dunia sekaligus membantu menekan dampak negatif dari cepatnya aliran informasi.

Soal objek wisata, Indonesialah surganya. Sudah tepat kita (kembali) menggunakan Wonderful Indonesia yang telah dipopulerkan sejak tahun 2011 sebagai merek negara (nation branding) untuk menarik wisatawan dari segala penjuru dunia.

Memperkenalkan Wonderful Indonesia  kepada dunia untuk era sekarang terbilang mudah dengan bantuan internet. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) perlu mengampanyekan kepada seluruh masyarakat pengguna internet di Indonesia agar turut aktif membombardir dunia maya dengan tagline itu.

Survei sederhana menggunakan mesin pencarian Google, membuktikan bahwa saat ini tagline Wonderful Indonesia masih kalah populer dibanding “Truly Asia” milik Malaysia. Bila mengetik Wonderful Indonesia, Google menemukan 17,5 juta hasil pencarian, sementara Truly Asia menghasilkan 22,2 juta hasil pencarian. Hanya saja, jika menggunakan “Malaysia Truly Asia”, kita hanya memperoleh 3,16 juta hasil pencarian. Tetapi apabila membandingkan kata “Indonesia” dan “Malaysia” dengan metode yang sama, kita justru unggul jauh. Google menemukan 1,260 miliar hasil ketika kita mengetikkan kata “Indonesia” dan hanya 819 juta hasil pencarian kata “Malaysia”.

Pertanyaannya, apakah satu miliar sekian informasi di dunia maya tentang Indonesia itu bernilai positif atau negatif? Nah, tugas kita saat ini adalah membombardir dunia maya dengan tagline Wonderful Indonesia. Pada saat bersamaan, kita penuhi dunia maya dengan informasi-informasi positif mengenai negeri kita.

Penulis yakin, kita tak butuh waktu lama untuk menenggelamkan tagline Truly Asia milik Malaysia. Ini sangat didukung jumlah pengguna internet di Indonesia yang bahkan jauh melampaui total penduduk negeri jiran itu. Menurut data lembaga riset pasar e-Marketer seperti dikutip Kompas.com,  dari 25 negara pengguna internet terbanyak di dunia (2014), Indonesia menempati urutan keenam, setelah Cina, Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang. Malaysia dan Singapura tak ada dalam daftar 25 negara tersebut. Pengguna internet di Indonesia pada 2014 mencapai 83,7 juta orang. Lembaga itu juga memproyeksi pertumbuhan netter di Indonesia, masing-masing 93,4 juta (2015), 102,8 juta (2016), 112,6 juta (2017), dan 123 juta pada tahun 2018.

Menggerakkan puluhan juta pengguna internet Indonesia untuk melakukan country branding sejalan dengan tujuh produk e-tourism yang telah diluncurkan oleh Kementerian Parekraf, yakni portal pariwisata yang terintegrasi, mobile application, WOI (Wonderful Indonesia) TV, sinetal (sinema digital) dan sinemol (sinema online), digital photo bank, www.indonesiafilm.net, dan Travel Blogger Award 2015.

Sesuai kenyataan

Kita sedang membangun merek Indonesia dengan tagline “Wonderful Indonesia” untuk menarik kunjungan wisatawan asing, maka tentu para wisatawan yang datang berharap memperoleh manfaat sebanding dengan citra yang kita bangun.

[caption id="attachment_347353" align="aligncenter" width="630" caption="Wisatawan menikmati mandi air hangat di objek wisata Sari Ater, Ciater, Subang, Jawa Barat (Foto: eddy mesakh)"]

14218237091431819918
14218237091431819918
[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun