Analisis jabatan atau job analysis sudah cukup dikenal di kalangan karyawan perusahaan, terutama oleh mereka yang membidangi manajemen personalia.
Job analysis ini pun sudah dipelajari secara mendalam di perguruan tinggi, khususnya pada program studi yang relevan, misalnya di program studi ilmu manajemen.
Memahami Analisis Jabatan
Lalu, apa sesungguhnya yang dimaksud dengan analisis jabatan tersebut?
Pada dasarnya analisis jabatan (job analysis) adalah serangkaian kegiatan menganalisis pekerjaan yang akan dilakukan dalam suatu jabatan.
Kasmir (2022), mendefiniskan analisis jabatan sebagai proses menganalisis kebutuhan suatu pekerjaan dengan cara mengumpulkan dan mengevaluasi informasi tentang uraian pekerjaan, persyaratan suatu pekerjaan, dan standar pencapaiannya.
Berdasarkan definisi di atas, menjadi jelas bahwa analisis jabatan akan melahirkan tiga hal utama yang berkaitan dengan pekerjaan, yaitu uraian pekerjaan, persyaratan jabatan, dan penetapan standarnya.
Pertama, uraian jabatan (job description).
Uraian jabatan yang merupakan bagian dari analisis jabatan memuat tentang pekerjaan apa saja yang akan dilakukan dalam suatu jabatan tertentu dengan berbagai aspek yang terkait.
Kalau dideskripsikan lebih rinci, uraian jabatan itu akan memuat nama jabatan, departemen atau bagian, lokasi kerja, fungsi, tugas-tugas yang harus dikerjakan, wewenang, dan tanggung jawab. Hal-hal inilah yang disusun dan dihasilkan dalam uraian jabatan.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!