Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Meningkatkan Karier di Tempat Kerja? Ini 5 Tips-nya!

18 Desember 2022   15:57 Diperbarui: 18 Desember 2022   16:17 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier yang meningkat merupakan dambaan karyawan (Sumber gambar: thriveglobal.com).  

Para freshgraduate yang belum lama bekerja tentu ingin meningkatkan kariernya. Mereka tidak ingin perjalanan kariernya mentok di satu posisi. Bukan hanya pada mereka yang baru bekerja, yang sudah lama pun menginginkan kemajuan karier di tempat kerja.

Pada kenyataannya, ada orang yang kariernya mentok kendati sudah cukup lama bekerja.  Apa yang salah?

Berikut penulis sampaikan 5 faktor yang menjadi pondasi dalam rangka menggapai karier yang lebih baik. Mari kita mulai memaparkannya satu per satu berikut ini.

Pertama, disiplin dalam bekerja. Kedisiplinan adalah mata uang yang berlaku di mana saja, baik di kantor maupun di luar kantor. Tingkat kedisiplinan sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

Adakah seorang atasan atau pimpinan akan memberi reward bagi karyawan yang suka bermalas-malasan, indisipliner, dan tanpa prestasi?Tentu saja tidak ada, bukan?

Karena itulah, aspek kedisiplinan menjadi faktor penting dalam membangun karier. Semakin disiplin seseorang, semakin terbuka peluang untuk meningkatkan kariernya.

Kedua, memperluas  jaringan. Jaringan atau network sangat diperlukan dalam mendongkrak karier. Jaringan yang luas memungkinkan karyawan membangun relasi yang menguntungkan.

Orang-orang yang maju dalam kariernya bukanlah dia yang semata-mata mengandalkan diri sendiri, melainkan dibantu atau mendapat bantuan dari pihak lain. Apakah itu atasan, teman sejawat, atau lainnya.

Jaringan akan memperkaya pertemanan, juga memperluas peluang untuk mendapatkan dukungan dan kesempatan kerja. Jadi, perluaslah jaringan dan binalah jaringan yang sudah ada.

Ketiga, menjadi pendengar dan pembicara yang baik. Menjadi pendengar yang baik mutlak perlu bagi siapa pun yang ingin menjalin hubungan baik, baik di dalam maupun di luar kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun