Istilah personal branding belakangan ini kian dikenal publik.Â
Tetapi, apakah sejatinya personal branding itu?Â
Apakah semata-mata sebuah pencitraan?
Lalu, apakah yang menjadi hal terpenting dalam membangun personal branding?
Siapa Anda?
Personal branding secara umum dapat dipahami sebagai upaya mewujudkan nama baik dengan citra tertentu pada diri sehingga mendapat kepercayaan dan dukungan dari orang lain.
Oleh karena masalah citra diri itu dipandang sebagai faktor yang sangat penting, maka orang akan berusaha keras membangun personal branding-nya dengan sebaik-baiknya.
Yang perlu diperhatikan, jangan sampai branding yang didapat hanya seumur jagung. Jangan pula di balik personal branding yang demikian megah, ada sifat yang negatif dan rapuh yang mengoyak dari dalam.
Personal branding mesti dibangun berdasarkan siapa diri Anda sejatinya. Bukan Anda di permukaan, melainkan apa yang tampak itu secara keseluruhan mencerminkan isi yang sebenarnya. Jadi, tidak hanya bersifat superfisial.
Ada empat aspek penting yang perlu dibangun dan diperkuat agar personal branding yang terbangun benar-benar mengakar dalam kepribadian seseorang.
Pertama, temukan passion.