Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Inilah Cara Menambah Semangat dan Memperkokoh Rasa Percaya Diri dalam Menulis

6 Desember 2020   20:31 Diperbarui: 7 Desember 2020   23:40 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis (feeds.mashable.com)

"Bang Suweca, salam kenal dari Sukabumi. Saya seorang penulis pemula, bahkan mungkin belum pantas disebut sebagai penulis. Saya mulai menulis di masa pandemi, salah satu daya dukung yang saya rasakan adalah sekarang banyak sekali wadah untuk tulis-menulis.Baru mulai tapi kayaknya saya "loyo", kurang ide, dan kadang terbersit saat saya selesai membaca karya orang lain, saya bisa gak ya seperti mereka yang jago-jago menulis.Nah saya minta tips2 nya pak agar bisa sukses terus jadi penulis. Terima kasih."

Memenuhi Permintaan

Itulah komentar serta permintaan Mbak Riony Rahayu pada tulisan saya yang berjudul Ketika Gairah Menulis Menurun, Apa yang Bisa Dilakukan? yang dimuat 3 Desember 2020.

Saya sarankan kepada beliau untuk menelusuri artikel-artikel saya sebelumnya yang sebagian berisi gagasan sederhana tentang dunia tulis-menulis.

Akan tetapi, anjuran saya itu sepertinya belum cukup menjawab. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan sampaikan hal-hal yang mungkin berguna dan perlu dilakukan untuk tetap semangat menulis. 

Sebelum menulis artikel ini, saya sempatkan hadir di lapak beliau untuk melihat tulisannya. Ternyata baru ada sebuah artikel.

Rupanya Mbak Riony, sahabat kita yang guru SMP Negeri 3 Cibadak, Kabupaten Sukabumi ini baru saja bergabung di kompasiana. Saya memerhatikan dengan seksama artikel beliau yang berjudul Tatap Muka 2021.

Dari situ saya melihat tidak ada persoalan dengan artikel yang dibuatnya. Jelas dan mudah dipahami.  Hanya satu saja yang diperlukan:  terus menulis  agar jumlah artikel yang ditulis bertambah banyak.  

Baiklah, saya akan mencoba memberikan sedikit pandangan terhadap persoalan yang beliau alami dan tips yang beliau harapkan.

Atasi Loyo dengan "Obat Kuat"

Pertama, merasa "loyo."  Loyo dalam makna denotatif, menurut saya, berarti tak bersemangat atau tidak bertenaga. Menurut KBBI online, loyo diartikan penat sekali, lelah sekali, tidak berdaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun