Mohon tunggu...
ECM Journals
ECM Journals Mohon Tunggu... -

Anggota Kelompok: Muhammad Askari [30109479] Achmad Maulana Aditya [30109047] Yuni Ekasari [30109197] Margareta Erni [30109336]

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model-model Bisnis dalam E-Commerce

27 Maret 2011   14:43 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:23 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi 8, yaitu:


  1. Brokerage
  2. Advertising
  3. Infomediary
  4. Merchant
  5. Manufacturer
  6. Affiliate
  7. Community
  8. Subscription


Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.


  1. Brokerage

  • Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.
  • Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.


2.  Advertising


  • Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional.
  • Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
  • Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner.
  • Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.


3.  Infomediary


  • Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.
  • Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan.


4.  Merchant


  • Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).
  • Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang


5.  Manufacturer


  • Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :

    • Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.


    • Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung.


6.  Affiliate


  • Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet


7.  Community


  • Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.


8.  Subscription


  • Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.
  • Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit.

Anggota Kelompok

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun