Sempat terfokus pada sebuah tayangan iklan seorang calon presiden 2014. Dia yang kita kenal dengan nama Aburizal Bakrie (ARB) menayangkan sebuah iklan lomba desain alvatar ARB. Iklan lomba ini juga diperkuat oleh tayangan talk show "Info Petang Indonesia" di stasiun televisi TVONE. Dengan salah-satu narasumber  yang berasal dari menantu ARB, yaitu Nia Rahmadani. Avatar Sebagai Bentuk Imajinasi Visualisasi Diri Avatar merupakan sebuah representasi diri pengguna komputer tentang dirinya. Avatar, sebagai suatu bentuk imajinasi visualisasi diri (Juliastuti, 2009). Bentuknya terbagi atas visual avatar 3 dimensi untuk tampilan permainan komputer (game). Sedangkan visual avatar 2 dimensi (icon) cenderung digunakan untuk visual profil dalam forum online. Istilah avatar dalam perkembangannya  memiliki posisi tersendiri dikalangan kawula muda masa kini. Perkembangan Desain Komunikasi Visual Pada Dekade Terkini Perlu di akui bahwa sejak beberapa dekade pemilu setelah masa-masa orde baru. Desain komunikasi visual mendapatkan porsi dalam proses pertarungan politik pemilu di Indonesia. Sesuai pula dengan perkembangan dan kemudahan dalam media publikasi cetak. Telah menjadikan komunikasi visual kampanye calon pimpinan di Indonesia lebih berwarna. Profil sang kandidat dalam kampanye di tampilkan dalam publikasi dan jenis media yang semakin bervariatif. Sekali lagi saya katakan, Desain komunikasi visual  telah di beri porsi dalam pertarungan politik, lebih fokusnya adalah komunikasi politik. Desain komunikasi visual telah menjadi salah satu implikasi komunikasi politik. Implikasi dalam sebuah strategi menyampaikan sebuah pesan komunikasi, menanamkan citra dalam benak massa yang ada di Indonesia. Desain Avatar Topeng Komunikasi Politik Terbalik ARB Berbicara mengenai strategi dalam komunikasi politik. Umumnya disampaikan searah (direct) dan cenderung disampaikan secara top-down. Teori klasik Harold Lasswell " who says what in which channel to whom with what effect", berlaku sangat kental dalam proses komunikasi politik pada umumnya, termasuk di Indonesia. Penyampaian komunikasi politik searah melalui kampanye periklanan salah satunya, lebih kepada proses penyampaian komunikasi "yang memaksa" secara tidak langsung benak pikiran  para khalayak untuk menerima informasi yang diberikan oleh sang komunikator politik. ARB dan timnya mencoba melakukan strategi komunikasi politik yang berbeda (terbalik). ARB berusaha menyampaikan komunikasi politiknya secara halus (soft) terhadap massa, terutama kepada kawula muda di Indonesia. Kita perhatikan beberapa iklan kampanye di  televisi ARB, cenderung mengambarkan dan mengarah komunikasi dan persuasi kepada kawula muda di Indonesia. ARB tidak lagi mencoba memaksakan ideologi dan pencitraan dirinya kepada para kawula muda. ARB mencoba berjalan searah dengan keinginan gejolak jiwa kawula muda saat ini. Mengikuti apa yang disukai oleh para kawula muda di Indonesia. [caption id="attachment_243894" align="aligncenter" width="960" caption="Foto saat diwawancarai anak-anak SMA 70 untuk tugas sekolah mereka"][/caption] [caption id="attachment_243895" align="aligncenter" width="640" caption="Foto Bersama Para Mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Pasuruan"]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H