Mohon tunggu...
echaimutenan
echaimutenan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Mom

www.echaimutenan.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Mendidik Anak dengan Meneladani Sifat Rasulullah

13 April 2022   16:16 Diperbarui: 13 April 2022   16:17 951
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Punya anak itu sesuatu ya? Dulu saya pikir saat masih single, punya anak itu cuma urusan membesarkan anak saja. Tapi ternyata tidak Alfonso! Banyak banget yang harus dipikirkan ternyata, mulai biaya merawat anak hingga memberikan karakter yang baik sejak kecil pada anak.

Saya sampai resign agar bisa benar-benar memperhatikan anak-anak saya. Karena ternyata setiap anak punya sifat dan karakter berbeda-beda. Dan akhirnya kami berdua (Saya dan Suami) memilih untuk lebih mendidik anak secara Islami seiring dengan proses hijrahnya kami. Walau masih dalam proses hingga saat ini yang penting wes mencoba kan? Hasilnya lillahitaala.

Salah satu yang perlu disiapkan pada anak adalah mereka belajar untuk meneladani 4 sifat wajib Rasulullah dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karena selain iman kepada Allah, sudah disebutkan dalam rukun iman yang ke-2 adalah percaya kepada Rasul. Jadi keteladanan Rasul yang harus bisa kita pelajari, pahami dan laksanakan dalam segala sendi kehidupan.

Termasuk dalam mendidik anak-anak. Kebetulan semua anak saya itu laki-laki, jadi untuk bisa menghantarkan mereka menjadi pribadi yang berkarakter dan berakhlak mulia, saya berusaha mengambil sifat Rasul untuk diaplikasikan dalam kehidupan mereka di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar.


4 Sifat Wajib Rasul dalam Mendidik Anak

Sifat wajib Rasul ada 4 yaitu, Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Dulu saat saya belajar di bangku sekolah ya saya pikir hanya pelajaran saja, ternyata ketika mendalami Islam sifat ini yang memang bisa kita pegang sebagai pedoman hidup dalam segala hal ya! Duh, menyesal kadang hanya bisa membaca atau menghafal tanpa memahami makna. Makanya saya tidak mau anak-anak seperti saya dulu, kali ini pembentukan karakter harus mulai dari kecil agar mereka bisa menjadi pribadi baik di masa depan.

Kuncinya juga ada di orang tua yang wajib memberikan contoh baik dan sesuai dengan sifat wajib Rasul. InsyaAllah anak akan mudah memahaminya.

1. Sidiq

Rasul memiliki sifat Sidiq yang artinya benar dan jujur. Dengan mendidik anak selalu jujur dalam kehidupan sehari-hari akan membuat anak tidak suka berbohong untuk hal sekecil pun. Apa yang anak katakan benar dan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun