Mohon tunggu...
Echa Felia
Echa Felia Mohon Tunggu... Guru - I'm just a human

blessed

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

IndiHome Memberdayakan Peran Saya sebagai Guru

12 Mei 2023   00:12 Diperbarui: 12 Mei 2023   00:15 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Milik Pribadi

Saya adalah seorang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di salah satu dusun yang berada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Saya sangat senang mendidik anak-anak di dusun tersebut. Namun, setelah saya mengajar di dusun tersebut, saya merasa terbatas dikarenakan kurangnya sumber daya yang tersedia di sekolah saya sekarang ini. Salah satunya adalah kurangnya akses internet diakibatkan sinyal yang sering terputus-putus dan bahkan hilang.

Suatu ketika, karena akan diadakannya sistem absen secara online, maka sekolah harus memastikan adanya jaringan internet supaya sistem absensi secara online dapat berjalan dengan lancar. Melalui saran dari salah seorang teknisi yang memasang mesin absen tersebut, pihak sekolah pun memasang IndiHome, yaitu sebuah layanan inovatif yang disediakan oleh Telkom Indonesia, Internet Provider terkemuka di Indonesia.

Saat IndiHome di sekolah dipasang, gelombang kegembiraan menyelimuti warga sekolah terkhususnya saya. Akhirnya, saya dapat menggunakan internet setelah sekian lama saya mengajar di dusun yang sangat sulit mengakses internet. Awal IndiHome terpasang di sekolah, saya langsung mencoba untuk melakukan panggilan video (video call) dan hasilnya kecepatan jaringan internet IndiHome membuat saya dapat melakukan panggilan video dengan sangat lancar, bahkan saya bisa mendownload beberapa file serta video dengan tidak terputus-putus. Dengan adanya IndiHome, saya dapat mengakses apa saja terkait materi pembelajaran saya yang dapat membuat pembelajaran saya menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Saya juga dengan mudah mengakses perpustakaan online yang luas untuk menambah sumber belajar saya dan siswa. Saya sekarang dapat memperkenalkan siswa-siswi saya pada dunia di luar buku pelajaran dan melibatkan mereka dengan konten multimedia interaktif.

Dengan bantuan IndiHome, kreativitas saya tidak mengenal batas. Saya mulai berkolaborasi dengan guru-guru dari seluruh Indonesia, bergabung dengan kelas virtual dan mengikuti lokakarya online untuk bertukar pengetahuan dan teknik mengajar yang inovatif. Jaringan internet yang lama tidak lagi menjadi penghalang bagi saya untuk membentuk koneksi dengan para guru yang memiliki semangat yang sama untuk mengajar. Saya menjadi banyak menonton video-video untuk menambah pengetahuan dan menginspirasi saya dalam melaksanakan pembelajaran. Koneksi internet IndiHome yang andal dan cepat memastikan performa yang lancar, menghilangkan masalah buffering dan memberikan pengalaman streaming yang tidak terputus-putus

Dalam upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik, saya memanfaatkan keandalan IndiHome untuk mengatur kunjungan lapangan virtual ke tempat-tempat yang jauh sehingga memikat imajinasi siswa-siswi saya dan memperluas wawasan mereka. IndiHome juga memberdayakan saya untuk mempersonalisasi metode pembelajaran. Saya memanfaatkan media online yang menarik untuk menumbuhkan rasa motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Pendekatan ini menumbuhkan minat belajar dan mendorong partisipasi aktif, sehingga setiap siswa dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Saya maupun guru yang lain dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeluarkan bakat kreatif mereka, baik itu untuk menulis, fotografi, membuat video, atau menari, serta mengarahkan siswa untuk mengakses ke platform digital, perangkat lunak, dan komunitas online agar mereka membagikan kreativitas mereka di media sosial, menerima umpan balik, dan terhubung dengan siswa lainnya dari sekolah lain, sehingga memupuk rasa antusiasme dan semakin belajar untuk berkembang. Layanan internet IndiHome membawa dunia lebih dekat dengan siswa sehingga memungkinkan siswa untuk memulai petualangan virtual yang menginspirasi jiwa muda di dalam diri mereka.

Manfaat IndiHome tidak hanya saya rasakan sebatas itu. Saya pernah membuat sebuah video dan mengunggahnya untuk mengikuti sebuah kompetisi. Jika saat itu jaringan IndiHome tidak lancar, maka mungkin saya tidak dapat mengunggah video saya. Setelah saya berhasil mengunggah video dengan lancar, beberapa minggu kemudian saya diundang ke Jakarta karena video saya. Walaupun video saya hanya video sederhana, tetapi saya sangat bersyukur IndiHome membantu saya menggunggah dengan lancar membagikan video tersebut ke media sosial sehingga saya menjadi salah satu finalis apresiasi guru se-Indonesia.

Dengan bantuan IndiHome, saya menjadi katalisator perubahan, menginspirasi rekan-rekan guru saya di sekolah untuk merangkul era digital. IndiHome memungkinkan saya untuk membuka potensi penuh sebagai seorang guru, memberdayakan saya untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan dunia luar demi menambah pengetahuan saya sebagai seorang guru. Dengan dukungan Telkom Indonesia melalui IndiHome, saya memulai perjalanan yang luar biasa, membuktikan bahwa koneksi internet yang lancar dapat memicu revolusi di dunia pendidikan, walaupun saya hanya guru yang berasal dari sebuah dusun kecil.

Jadi, untuk para guru di seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah terpencil, beranikan diri untuk bermimpi besar. IndiHome lebih dari sekadar Internet Provider. IndiHome membuka potensi untuk berbagai kemungkinan tanpa batas dan perjalanan pembelajaran online yang menarik. Dengan IndiHome, semangat kita dalam belajar dan mengajar dapat melampaui batas-batas, menciptakan dunia yang menarik, serta penuh dengan peluang tak terbatas bagi para siswa. Bersama IndiHome dari Telkom Indonesia, mulailah membuat perjalanan hidup yang lebih seru dan menyenangkan dengan terus belajar, mengembangkan potensi, mengejar passion, menjadi guru yang inovatif dan teruslah bersemangat, wujudkan impian kita yang menunggu untuk diwujudkan demi mencerdaskan generasi muda Indonesia!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun