Tulisan ini diunggah untuk memenuhi Ujian Akhir Semester mata kuliah Komunikasi Pemasaran yang diberikan oleh bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo.
Pada era globalisasi serta kemajuan teknologi banyak membuat perubahan pada masyarakat. Â Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga dapat menguntungkan masyarakat. Pemanfaatan kemajuan teknologi dapat dijadikan sebagai strategi komunikasi pemasaran produk yang dilakukan oleh para pelaku usaha melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok agar menarik minat beli konsumen.
Menurut Santoso (2017) pemasaran sosial media merupakan bentuk pemasaran yang dipakai untuk menciptakan kesadaran, pengakuan, ingatan dan bahkan tindakan terhadap suatu merek, produk, bisnis, individu, atau kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat dari web sosial seperti blogging, microblogging, dan jejaring sosial.
Dengan adanya media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok sangat memudahkan para pelaku usaha dalam berinteraksi dengan pelanggannya secara online. Biaya yang dikeluarkan pada media sosial pun tidak terlalu besar dan tidak ada batasan waktu selama tersambung dengan jaringan internet.
Saat ini banyak para pelaku usaha yang gencar dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran produknya melalui media sosial. Strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok yaitu:
Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna melihat foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan aktivitas berjejaring lainnya. Strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial Instragram yaitu dengan melakukan endorse yang bisa bekerjasama dengan teman yang follower Instagramnya sudah banyak atau bekerjasama dengan selebriti/artis yang terkenal, membuat konten dan unggahan foto yang menarik serta konsisten untuk mengaupdate, menggunakan hastag yang tepat dan menarik agar memudahkan para pengguna Instagram untuk melacak barang dagangan dengan cepat.
Facebook merupakan layanan jejaring media sosial yang menghadirkan layanan dimana para pengguna tidak hanya menampilkan tampilan dan informasi dirinya, melainkan juga dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial Facebook yaitu dengan membuat promosi produk yang ingin dijual pada group jual-beli, membuat konten dan foto produk yang menarik untuk dipromosikan melalui iklan layanan Facebook, dan menggunakan jenis Facebook fanspage sebagai media strategi komunikasi pemasaran.
- Tiktok
Tiktok merupakan salah satu media social dengan menampilkan video pendek serta memberi fitur yang menarik dari latar musik, filter dan lainnya untuk memberi ruang kreativitas penggunanya. Strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial Tiktok yaitu dengan membuat konten video yang menarik serta konsisten untuk mengaupdate, melakukan live streaming untuk menjelaskan produk yang ingin dijual, menggunakan Hastag agar dapat melakukan pengelompokan terhadap produk yang ingin dijual, serta lakukan strategi Give away dan Gratis Ongkir agar dapat menarik minat beli konsumen.
Demikian tulisan ini saya unggah, semoga apa yang saya tulis pada artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Terima Kasih
REFRENSI
Rahastine, M. P., & Wulandari, Y. F. (2020). Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Masyarakat Di Kelurahan Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Journal Komunikasi, 185-190.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H