Mohon tunggu...
Eko Sudaryanto
Eko Sudaryanto Mohon Tunggu... Freelancer - Awam yang beropini

Awam yang beropini!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Haram Berkata: Saya Kehabisan Bahan Untuk Menulis!

26 Agustus 2011   13:20 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:27 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

"SATU HARI SATU TULISAN!" Inilah motto yang sedang berusaha saya tanamkan pada pikiran saya, untuk mengasah dan mempertajam ketrampilan menulis.

Bagi seorang penulis profesional, mungkin target ini relatif mudah untuk direalisasikan. Namun bagi saya, meskipun hanya satu tulisan sehari, dapat menjadi persoalan rumit yang seolah-olah mustahil untuk dipecahkan.

Seperti hari ini. Sampai detik ini, belum satupun tulisan yang dapat saya buat. Meskipun hanya sebuah artikel pendek sepanjang 200an kata!

Beberapa TIPS DAN TRICK menulis telah saya pelajari lagi dan saya praktekkan. Tetapi pikiran saya tetap buntu dan seperti hilang akal, sehingga tak melihat hal menarik yang dapat dijadikan bahan untuk membuat sebuah tulisan.

Padahal saya sudah membaca dan menyisir koran, majalah dan situs-situs berita online. Banyak kejadian menarik yang terjadi hari ini, mulai dari kelanjutan drama Nazaruddin, kericuhan pada saat pembagian zakat atau sembako murah, sampai hiruk-pikuk seputar tradisi mudik lebaran.

Sayapun telah berusaha membuka lebar-lebar mata dan telinga, untuk menangkap beberapa hal dan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar. Meskipun bebera peristiwa cuku menarik, tetapi belum dapat menemukan hal yang dapat merangsang otak saya untuk mengolahnya menjadi sebuah tulisan.

Terakhir saya telah mencoba memejamkan mata, menajamkan kepekaan pikiran untuk memutar ulang memori tentang pengalaman dan hal-hal menarik yang terjadi di masa lampau. Tetapi tetap saja belum dapat menemukan walau senoktah gagasan yang dapat saya tumbuh kembangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Akhirnya saya merasa sudah sampai pada ujung asa, untuk dapat mempersembahkan sebuah tulisan kepada anda. Saya menyerah!

Untuk menutupi perasaan berdosa karena gagal menciptakan sebuah tulisan hari ini, saya hanya dapat menceritakan kejadian yang saya alami kepada anda. Semoga cukup mengesankan, bermanfaat untuk anda semua...

Dan...ABRAKADABA! Tanpa saya sadari sebuah tulisan dapat saya selesaikan. Meskipun bukan sebuah karya unggulan, cukuplah untuk mengasah ketrampilan dan memenuhi target: SATU HARI SATU TULISAN!Saya menutup cerita ini dengan sebuah pertanyaan: MASIH LAYAKKAH KITA BERPIKIR, BAHWA TIDAK ADA HAL MENARIK YANG DAPAT DITULIS?...@E Sudaryanto 260811

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun