Berdasarkan kajian perkembangan manusia, kualitas seseorang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan. Faktor bawaan harus diterima apa adanya. Artinya anak lahir sudah membawa bekal sebagai potensi yang siap dikembangkan. Dalam perkembangan selanjutnya, potensi itu yanga akan dikembangkan.
Lingkungan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, oleh karena itu lingkungan perlu dirancang sedimikian rupa agar anak dapat mengembangkan dan menyempurnakan apa yang dbawa anak sejak lahir. Rancangan itu dapat dilakukan di rumah, di sekolah, atau dimana saja. Di sekolah, yaitu TK dan RA, atau dikelompok bermain, rancangan itu sebagai rancangan pembelajaran yang dikenal dengan kegiatatn pembelajaran atau pelaksanaan program.
Berdirinya PAUD mempunyai beberapa landasan, yaitu :
1.Landasan Yuridis
2.Landasan Filosofis dan Religi
3.Landasan Psikologis
4.Landasan Keilmuan
5.Landasan Empiris
6.Landasan Sosiologis
Prinsip Dasar Penyelenggaraan PAUDDalam UUNo. 20 Tahun 2003 Pasal 14:
Pendidikan diselenggarakan :
a)Secara demokratis, berkeadilan dan tidak diskriminatif
b)Sebagai suatu kesatuan yang sisitematis dengan sistem terbuka dan multimakna
c)Sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat
d)Dengan memberi keteladanan, membangn kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran
e)Dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
f)Dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidik.
Dalam konvensi hak anak disebutkan bahwa prinsip program pendidikan anak usia dini harus mengacu pada prinsip umum yaitu sebagai berikut:
a)Nondiskriminasi
b)The best interest of the child
c)Mengakui adanya hak hidup, kelangsungan hidup, dan perembangan yang sudah melekat pada anak
d)Respect for the views of the child
Dalam buku berjudul “Format PAUD”, karangan Novan Ardy Wiyanti & Bamawi. Prinsip dasar PAUD yaitu :
a)Berorientasi pada kebutuhan anak
b)Belajar melalui bermain
c)Menggunakan lingkungan yang kondusif
d)Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang
e)Menggunakan pembelajaran terpadu
f)Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
g)Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini :
1.Terciptanya tumbuh kembang anak usia dini yang optimal melalui peningkatan pelayanan prasekolah,
2.Terciptanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap orang tua dalam upaya membina tumbuh kembang secara optimal,
3.Mempersiapkan anak usia dini kelak siap masuk pendidikan dasar.
Berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah :
1.Menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help)
2.Meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H