[caption caption="Sumber Foto Dok Pribadi"][/caption]
Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia saat ini sudah begitu meningkat, Namun sayang dari sekian banyak para pelaku UMKM di Indonesia ternyata belum semuanya melek digital atau memanfaatkan teknologi dan informasi yakni Internet, padahal perkembangan teknologi informasi saat ini sudah begitu pesat dan mudah di akses.
Apalagi yang namanya media sosial hampir semua orang menggunakannya, Indonesia termasuk pengguna aktif lima besar di dunia. Makanya tidak perlu heran, karena media sosial di Indonesia tidak hanya untuk bersosialisasi di dunia maya saja namun jadi tempat berjualan.
Selain itu kita pun harus berbangga memilki gedung smesco yang tepatnya berada di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta. Karena smesco merupakan aset dan rumahnya bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan jangkauan produknya supaya bisa dilihat lebih banyak orang lagi. Selain itu siapa saja boleh datang sekaligus bawa produk UMKM nya untuk di pamerkan di galeri smesco tentunya setelah mendaftarkan dan isi form terlebih dahulu secara gratis.
Melihat hal tersebut diatas Smesco bekerjasama dengan Indoblognet sebagai event organizer mengadakan Smesco DigipreneurDay selama 2 hari 19-20 April 2016, dengan tema "Mengemas Produk Indonesia Melalui Digital."
[caption caption="Sumber Foto Dok Pribadi"]
Acara bincang-bincang seru (talkshow) digital yang dimulai siang hari dengan menghadirkan praktisi digital ternama di Indonesia. Acara yang dikemas cukup menarik perhatian para enterpreneur muda, mahasiswa, masyarakat dan calon starUp pastinya. Membuat saya sendiri tertarik untuk datang, Kebetulan saya hadir di hari kedua mengangkat tema talkshow Be Smart Be Digital dengan pembicara yakni Jose Ricardos Santos selaku Co Founder bDigital.id, lalu Andi Wiyawan UKM Bussines Owner caristyle.co.id, The Winner of google award southeast asia 2010 for ukm, Andi Silalahi dan Ahmad Zabadi selaku Direktur Utama LLP-KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi, Usaha Kecil dsn Menengah).
Menurut Andi Silalahi selaku Digital Practitioner saat membuka acara talkshow, "Hanya 10% saja UMKM yang sudah melek digital atau menggunakan Internet".
Padahal website sangat dibutuhkan oleh UMKM supaya produknya bisa terjangkau oleh banyak orang, dengan memiliki website konsumen akan lebih mudah menemukan produk-produk unggulan yang diinginkan secara cepat.
Walaupun sudah ada Market Place (seperti:Bukalapak, tokopedia,olx dll) tetap harus mempunyai website sebagai rumah kita untuk Jualan. Namun apabila website nya masih baru dan pengunjungnya masih sedikit atau belum percaya diri untuk jualan bisa gabung dulu di salah satu market place agar penjualanya dapat terbantu.
"Website Merupakan Aset Digital"
Pilar utama dari website ada dua yakni Konten yang menarik dan Membangun Komunitas, selain itu salah satu fungsi dari website adalah membangun kepercayaan, ujar Andi Silalahi.