Mohon tunggu...
dyna Lstryy
dyna Lstryy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memasak dan healing

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Optimasi Marketing Mix

13 November 2023   04:30 Diperbarui: 13 November 2023   04:45 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut penelitian (Kolter & Armstrong, 2016), bisnis yang memproduksi barang atau jasa dapat memperoleh keunggulan kompetitif melalui pemasaran strategis. Rencana pemasaran berfungsi sebagai landasan cetak biru strategis bisnis. Tujuannya adalah untuk mempelajari strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, mengetahui seberapa baik strategi tersebut bekerja pada saat pendapatan menurun, dan mengevaluasi kemanjurannya. Hal ini sesuai dengan temuan (Hurriyati et al., 2008) yang menyatakan bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan dapat digunakan untuk memperoleh keunggulan kompetitif di pasar. Namun, mengingat besarnya permasalahan yang mungkin timbul dalam dunia bisnis, jelas bahwa strategi pemasaran menjadi salah satu landasannya; Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dan dapat difokuskan pada bidang apa pun. Hal ini sejalan dengan temuan (Tjiptono, 2017) yang menggambarkan strategi pemasaran sebagai sarana agar penyedia produk dan jasa dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang bertahan lama. Anda dapat menganggap rencana pemasaran Anda sebagai landasan cetak biru strategis perusahaan Anda.
   Berbeda dengan temuan (Abdillah & Herawati, 2019), (Rokhilawati 2022) mendefinisikan pemasaran digital sebagai promosi suatu bisnis atau produk atau layanannya melalui sarana elektronik. Di zaman sekarang ini, Internet merupakan hal yang sangat diperlukan. Mengingat luasnya pemasaran, khususnya di sektor keuangan, maka pemasaran memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian Muhammad Wildan bertentangan dengan klaim (Alfonz, Bachtiar, & Danang, 2022) dan mendefinisikan pemasaran sebagai "tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk membangun identitas merek di benak konsumen dan memperkuat hubungan dengan konsumen tersebut." Tentu saja, menghasilkan uang bagi perusahaan dan mengembangkannya adalah tujuan utamanya.
  Menarik pelanggan ke produk perusahaan tidak pernah semudah ini dengan bantuan strategi pemasaran digital. Bisnis saat ini mulai beralih dari strategi pemasaran yang sudah ketinggalan zaman dan mengadopsi strategi baru, seperti yang dimungkinkan oleh Internet.
Baik Abdullah (2015) maupun Oktavia (2020) menambah pengetahuan di bidang ini. Misalnya (Bayanullah, 2019) Sejalan dengan temuan Novi Anastasia Purba, bauran pemasaran terdiri dari kumpulan taktik pemasaran yang berbeda namun saling melengkapi yang dapat digunakan bersama untuk memperoleh respons yang diinginkan dari audiens sasaran. Produk, harga, saluran distribusi, promosi, personel, infrastruktur, dan proses adalah contoh alat pemasaran yang kami gunakan di sini. Hasilnya, bauran pemasaran diperjelas melalui dua penelitian ini.
   Penelitian saya membawa saya pada kesimpulan bahwa bauran pemasaran, dan pemasaran secara lebih umum, dapat membantu bisnis memperoleh keunggulan dalam pasar yang sangat kompetitif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun