Mohon tunggu...
dynahrosita
dynahrosita Mohon Tunggu... Administrasi - Suka baca komentar netizen... Untuk bahan obrolan...

Saya senang memasak yang mudah dan pasti enak (kukus sayuran/umbi2an dan bikin nasi/mie goreng). Rajin bersih-bersih toilet, karena gak suka dengan toilet yang bau dan kotor...Tapi, saya males beresin tempat tidur, hahaha... Saya suka berinteraksi dengan alam, seperti hiking, camping dan bersepeda.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Apakah Saya Bisa? Kenapa Tidak Bisa?

4 Agustus 2021   12:35 Diperbarui: 4 Agustus 2021   12:54 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Foto Brownies : KarolinaGrabowska/Pexels

Pernahkah kalian mencoba hal baru tapi selalu gagal? Tapi terus berkali-kali mencobanya namun masih gagal lagi dan gagal lagi hingga membuat putus asa? Apakah itu? 

Contohnya saya, saat saya membuat brownies coklat kukus. Saya punya kemauan untuk membuat brownies coklat kukus yang enak, tapi saya memiliki bahan-bahan yang praktis, yaitu brownies powder yang sudah banyak dijual di minimarket atau supermarket, dan alat masak yang sangat sederhana yaitu panci kukusan dan cetakan kue yang sudah didiskon oleh toko. Tak ada salah kan? Yang penting punya kemauan. 

Lalu saya mencoba membuatnya, kali pertama membuat brownies coklat kukus gagal total karena saya tidak mengikuti petunjuk cara membuatnya. Esoknya saya kali kedua mencoba kembali dengan mengikuti petunjuknya dengan menggunakan coklat batangan. Saya membeli di minimarket terdekat, dan tentu saja saya pilih harga coklat batangan yang terjangkau. Saya memulai membuat brownies kukus coklat dengan perlahan mengikuti petunjuknya, lalu saya mendapatkan hasil yang lumayan bagi seorang pemula. Kali ketiga, saya mau membuat brownies keju kukus dan hasilnya sama seperti kali pertama saya mencoba membuat brownies, yaitu gagal total. Menyerahlah saya. 

Nah, hal ini membuat saya berdiskusi dengan seorang teman yang juga memiliki cerita uniknya. Teman saya memiliki keinginan untuk membuat badannya terlihat lebih sehat, bugar dan berotot. Teman saya mengatakan ada tiga hal yang membuat itu terjadi. Penasaran? Pastinya. 

Pertama adalah keinginan. Saat kita menginginkan sesuatu, kita pasti memiliki rasa konsisten untuk mendapatkan keinginan itu. Teman saya menceritakan jika ia selalu latihan angkat alat berat dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk melatih ototnya. Lalu, yang kedua adalah waktu. Kita harus bisa menyisahkan waktu untuk latihan angkat beban dan diet makanan berlemak dengan disiplin, jika tak ada waktu untuk disiplin maka bertahun-tahunpun kamu tidak akan tahu hasilnya. Hal yang ketiga adalah uang. Tidak ada yang gratis untuk mewujudkan sesuatu. Kita butuh uang untuk membeli alat berat buat latihan dan makanan atau minuman tinggi protein. Bahkan, jika ingin membuat sendiri alat beratnya pun kita perlu modal uang kan? 

Ilustrasi Foto Latihan Angkat Beban : IvanSamkov/pexels
Ilustrasi Foto Latihan Angkat Beban : IvanSamkov/pexels

Keinginan, Waktu dan Uang. Tiga hal yang penting untuk memotivasi kita agar pertanyaan atas impian-impian yang sering kali membuat kita putus asa, bisa terwujud. Jangan menyerah jika belum menjalankan ketiga hal tersebut ya. Apakah saya bisa? Kenapa tidak bisa? Jangan coba-coba ajak saya taruhan ya....Selamat mencoba! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun