Mohon tunggu...
Achmad AdhiaksaH
Achmad AdhiaksaH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya merupakan mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya fakultas Administrasi Bisnis / FISIP tahun 2019 pengalaman kerja : sales & marketing, hobby olahraga seni beladiri, memiliki keterampilan bidang design grafis, editing video

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Berhasil Menerapkan Inovasi Produk pada Mitra Bisnis Ikan Bandeng Presto Ibu Tin

6 Desember 2023   14:00 Diperbarui: 6 Desember 2023   15:15 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya  Non Reguler  04 RW 08 Medokan Semampir Surabaya semester gasal 2023 - 2024  (dokpri)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG Surabaya) dengan fokus pada Pengabdian Kepada Masyarakat. UNTAG Surabaya yang juga dikenal sebagai kampus merah putih, pada kegiatan KKN periode bulan 11 November-18 Desember 2023 mengusung sebuah tema, yaitu “Penerapan Inovasi dan IPTEKS Patriots Merah Putih''.

Kegiatan KKN  dilakukan oleh Sub kelompok Kecil  dari kelompok 14  , tapi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tetap dilaksanakan dengan semangat dan kerja sama tim solid kami terdiri dari tiga orang yaitu :  Achmad Adhiaksa Hutomo Fakultas Administrasi Bisnis / FISIP, Achmad Juan Fieri Fakultas Ilmu Hukum / Hukum, Aditya Arsyil Nur Muhammad Fakultas Teknik Informatika / Teknik di bawah bimbingan  bpk. Fatkhurrohman,ST., M.Eng Selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Non Reguler. 

Kegiatan KKN dilaksanakan pada Tgl. 11 November 2023 sampai dengan 18 desember 2023 di RT 01 RW 08 Medokan Semampir, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Melalui kegiatan pengabdian ini secara individu maka saya Dyaz Adhiaksa   Melakukan kegiatan pembikinan karya desain dan pemasaran digital dan offline untuk meningkatkan mitra UMKM  Ikan Bandeng Presto. Sasaran dalam program ini adalah Pemilik Mitra Bisnis dan Masyarakat sekitar di RT 01 RW 08  Medokan Semampir, Surabaya. 

Pengertian dari Ikan Bandeng Presto adalah salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas yang diburu dari kota Semarang. Sebenarnya, Bandeng Presto berasal dari daerah Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Meskipun pada awalnya berasal dari Juwana tetapi makanan ini populer di Semarang. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng yang sangat gurih dan tebal dagingnya semakin lengkap bila dimakan dengan durinya yang sudah lunak namun tidak hanya di semarang saja hampir semua di indonesia sudah tau makanan ini dan bisa di jadikan ide usaha baik itu usaha rumahan atau pun skala usaha restoran pembuatannya sangat mudah dan tentunya tanpa bahan pengawet serta bisa  membantu perekonomian masyarakat diindonesia. 

Pada kegitan KKN ini, saya Dyaz Adhiaksa melakukan beberapa program kerja di antaranya membantu dan mengembangkan Mitra dengan desain dari mulai pembikinan stiker logo, poster, poster inovasi, banner, dan  kartu nama supaya terlihat menarik sebelum nya belum tersedia karya desain tersebut namun saya ada ide dan bisa meningkatkan penjualan dengan ada nya karya desain dan pemasaran digital. 

selain pembikinan desain saya dyaz adhiaksa membantu mitra usaha ikan bandeng presto melalui  ke memasarkan secara era digital seperti pembuatan mencantumkan nama usaha ke lokasi google bisnisku, membuat akun  sosial media instagram dan membuat akun online shop ecommerce melalui shopee supaya bisa mengenal lebih luas dengan adanya era digital. 

jadi usaha / bisnis di zaman sekarang itu perlu untuk menerapkan memasarkan era digital supaya dapat pangsa pasar yang lebih luas dan bisa bersaing dengan kompetitor usaha sejenis tidak hanya ke memasarkan digital saja tetapi soal perhitungan harga jual, harga bahan produksi, di luar harga seperti biaya operasional ini harus di pentingkan sama di terapkan harga diskon dan menerapkan bahan'' untuk mendukung penjualan seperti desain banner, poster A3, kartu nama, brosur, dll agar membantu menginformasikan ke calon konsumen supaya mau membelinya.  sama satu lagi agar lebih di percaya oleh konsumen membuat website. 

oke gitu saja dari saya kesimpulannya bahwa usaha baik itu UMKM Kuliner, produk atau pun jasa penting menerapkan inovasi dan memasarkan secara online supaya bisa meningkatkan penjualan. 

Informasi lebih lengkap terkait UNTAG Surabaya dapat diakses melalui 

http://www.untag-sby.ac.id. 

From Dyaz Adhiaksa Mahasiswa KKN Non-Reguler 04 Sub Kelompok kecil dari Kelompok 14 Semester Gasal 2023 - 2024 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun