Perencanaan kerja adalah suatu proses mempersiapkan usaha atau kegiatan yang akan dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya oleh pimpinan (Yulihardi dan Iskamto, 2018). Perencanaan kerja juga dapat memberikan pengarahan yang baik untuk level manajerial maupun non manajerial (As'ad, 2018).
Kinerja diasumsikan sebagai prestasi yang diperoleh seseorang dalam melakukan tugas. Keberhasilan organisasi tergantung pada kinerja para pelaku organisasi yang bersangkutan. Oleh karena itu, setiap unit kerja dalam suatu organisasi harus dinilai kinerjanya, agar kinerja SDM yang terdapat dalam unit-unit didalam suatu organisasi tersebut dinilai secara objektif (As'ad, 2018).Â
Setiap perusahaan pastinya ingin karyawannya memiliki kinerja yang tinggi dalam bekerja. Sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan, baik itu melalui perencanaan, pelatihan, pemberian insentif, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kinerja karyawan yang tinggi diharapkan tujuan perusahaan akan dapat tercapai dengan baik sebagaimana telah direncanakan.Â
Dalam melaksanakan pekerjaan, pastinya terjadi suatu timbal balik yaitu karyawan tidak akan pernah lepas dari komunikasi dengan sesama rekan kerja, dengan atasan atau dengan bawahan. Sehingga, komunikasi yang baik dapat menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dengan ini, komunikasi disebut efektif apabila makna informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan.
Dengan ini, output yang kita dapatkan dengan melakukan perencanaan maka akan menjadikan pedoman atau acuan dasar dalam melaksanakan kegiatan. Perencanaan tersebut bisa memudahkan pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan dan dapat meminimalisir adanya kesalahan yang bisa saja terjadi.
Referensi :
Yulihardi, Y dan Iskamto, D. (2018). Pengaruh perencanaan kerja, motivasi kerja dan koordinasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepualaun Mentawai. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9(2): 107-117.
As'ad. A. (2018). Pengaruh perencanaan kerja dan komunikasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Ekonomi. 1(1): 165-182.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H