Mohon tunggu...
Dyanza Andini
Dyanza Andini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester akhir di Universitas Negeri Jakarta

Aku seorang mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan diri di bidang front-end development, sebuah bidang yang memadukan kreativitas dan teknologi. Prinsip hidupku adalah "love is love but rules are rules," yang selalu mengingatkan saya untuk menjalani hidup dengan cinta namun tetap menghormati aturan tuhan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Mengajar: Refleksi dari Kelas 7E di Labschool Rawamangun

7 Agustus 2024   08:11 Diperbarui: 7 Agustus 2024   08:12 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto bersama dengan siswa kelas 7E

Selama mengajar di Labschool Rawamangun, saya merasakan campuran antara kegembiraan dan tantangan. Setiap kali berdiri di depan kelas, ada rasa tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa materi yang saya sampaikan dapat dipahami oleh siswa. Seperti yang terlihat dalam foto bersama siswa kelas 7E ini, saya melihat betapa pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan inklusif.

Siswa-siswa terlihat antusias dan aktif berpartisipasi selama proses pembelajaran, yang membuat saya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Meski ada tantangan dalam menjalin komunikasi dengan beberapa siswa, momen kebersamaan seperti ini membuktikan bahwa pendekatan yang saya gunakan efektif dalam menciptakan suasana kelas yang positif.

Metode yang saya gunakan, seperti diskusi kelompok dan penggunaan media visual, cukup efektif untuk sebagian besar siswa. Namun, saya menyadari bahwa perlu ada variasi dalam pendekatan saya untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda di kelas. Komunikasi dengan siswa juga menjadi pembelajaran penting bagi saya. Mendengarkan dan memberikan umpan balik yang konstruktif sangat membantu dalam membangun suasana kelas yang positif.

Dari pengalaman ini, saya belajar untuk lebih sabar dan adaptif dalam menghadapi berbagai situasi di kelas. Saya juga merasa semakin percaya diri dalam mengajar, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam mengelola waktu dan menyusun materi dengan lebih sistematis.

Ke depannya, saya berharap dapat lebih memahami kebutuhan individual siswa dan terus mengembangkan metode mengajar yang lebih efektif. Dengan begitu, saya bisa memberikan dampak yang lebih besar dalam pembelajaran mereka.

Momen seperti yang tertangkap dalam foto ini akan selalu menjadi pengingat betapa berharganya peran seorang pendidik dalam menciptakan pengalaman belajar yang positif dan bermakna bagi siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun