Efektivitas pembelajaran adalah suatu kondisi dimana siswa dapat mengeluarkan segala potensinya dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan membangun motivasi belajar siswa . Motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang penting dalam proses pembelajaran. Sering terjadi siswa yang kurang berprestasi dikarenakan tidak adanya motivasi bukan karena ia tidak mampu. Keadaan ini sangat tidak menguntungkan karena siswa tidak dapat belajar secara optimal dan pencapaianya juga tidak optimal.
Menurut Wina Sanjaya (2010:250) bahwa suatu motive adalah suatu set yang dapat membuat individu melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Dengan demikian motivasi adalah dorongan yang dapat menimbulkan perilaku tertentu yang terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu. Perilaku atau tindakan ditunjukan seseorang dalam upaya mencapai tujuan tertentu tergantung motive yang dimilikinya.
Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan demikian motivasi belajar pada diri siswa sangat dipengaruhi oleh rangsangan dari luar atau faktor eksternal. Motivasi belajar yang datang dari luar dirinya akan memberikan pengaruh besar terhadap motivasi intrinsiknya. Faktor motivasi eksternal adalah keluarga, sekolah, masyarakat, idola, dll.
Pada saat ini idola menjadi salah satu faktor eksternal yang cukup mempengaruhi motivasi belajar siswa. Banyak siswa yang semangat belajar dikarenakan ingin mencapai hal yang serupa dengan idolanya. Banyak juga siswa yang bekerja keras dalam mengerjakan sesuatu agar suatu saat ia dapat bertemu dengan idolanya dikarenakan prestasi yang ia miliki.Â
Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi siswa itu sendiri, orang tua, dan guru disekolahnya. Sehingga tidak jarang orang tua memberikan hadiah berupa barang dari idolanya ketika sang anak dapat mencapai hasil yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H