Mohon tunggu...
Dyan Sinta Indriyani
Dyan Sinta Indriyani Mohon Tunggu... -

Pengungsi dari Facebook dan Multiply

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Profesional Vs Non Profesional: You Be the Judge

28 Januari 2011   06:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:07 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menerima job motret itu banyak suka dukanya.

Apalagi buat tukang motret yang belum bisa dibilang profesional seperti gue. Maksud dari kata2 belum bisa dibilang profesional adalah, gue belum punya perusahaan photography yang memiliki legalitas penuh sebagai perusahaan dan jam terbang gue belum banyak. Dari segi alat dan kemampuan pun, gue masih jauh dari profesional.

Tapi Puji Tuhan, sejauh ini, foto2 hasil jepretan gue sudah beberapa kali mendapatkan apresiasi baik berupa materi maupun akreditasi dari berbagai pihak, seperti majalah dan klien2 yang pernah memakai jasa motret gue.

Dan karena bukan tukang motret profesional, cara gue mempromosikan jasa motret gue ya lewat mulut ke mulut. Makanya klien gue biasanya orangnya itu itu saja... karena memang cara promosi tradisional seperti ini sulit tersebar luas dengan cepat.

Mesti panjang sabar dan tekun.

Baru baru ini, gue diminta motret sebuah rumah sakit untuk bikin photostock mereka.

Pada awal gue ditawarkan, gue sudah secara inisial mengatakan bahwa gue tukang motret panggung dan kesenian. Tapi mereka bilang kalo mereka kepepet dan butuh cepat.

Gue bilang okay.

Dan kami pun janji bertemu untuk membahas apa saja yang harus difoto serta tentu saja, masalah fee atau harga.

Gue ditelpon hari Jum'at, dan hari Sabtu paginya, gue datang tepat waktu yaitu jam 9 pagi teng...

Sampai disana, ternyata gue disuruh nunggu.

Selang beberapa menit kemudian, gue liat ada dua orang datang membawa tas besar dan map2, sepertinya klien RS tersebut.

Benar saja,...begitu orang marketing yang akan menemui gue turun, dia malah mendahulukan dua orang tersebut dan hanya bilang "bentar ya Mbak Dyan? Dokter A lagi dipanggil buat ngobrol bareng" ke gue.

Gue bilang " okay".

Ga lama, dokter yang dimaksud muncul.

Tapi dia cuman nyamperin gue dan bilang "bentar ya Mbak?" lalu jalan ke arah orang marketing yang lagi ngobrol sama dua klien mereka tadi dan ikutan ngobrol.

Gue nunggu sekitar 10 menit.

Setelah mereka selesai berusan dengan dua orang tadi, baru mereka nyamperin gue dan bilang "maaf ya MBak?"

gue bilang "okay, gapapa"

Lalu kami ngobrol.

Gue ditanya lagi sama dokter " Mbak ini motret biasanya motret apa?"

Trus gue keluarin portfolio gue dan bilang "saya motret panggung, Dok"

"oooo....tapi pernah kan motret properti?"

Gue gedeeeeeeeeeeeeg banget... wong udah berkali kali gue konfirmasikan kalo gue ini tukang motret panggung...bukan produk.

Sebenarnya, dalam menghadapi klien, gue punya satu ketentuan, yaitu gue ga mau bohong.

Tapi ada beberapa klien yang selalu menganggap remeh kerjaan gue sehingga mau ga mau gue harus bluffing sedikit. Bukan membohongi, tapi bohong. Hehehhehee...

Akhirnya gue bilang "kalau motret rumah sakit, saya belum pernah, tapi kalau motret perusahaan, losmen, dan sekolahan, saya pernah"

Trus Dokternya dengan polos nanya lagi "ada contohnya ga?"

gue jawab "tidak ada, Dok...karena semua hasil foto saya serahkan pada perusahaan yang bersangkutan sebagai hak milik mereka. Saya tidak diperbolehkan menyimpan satu foto pun"

Trus dokternya ngangguk.

Lalu dia tanya lagi "berapa biaya motret nya Mbak Dyan?"

"Fee saya mulai dari Rp.550.000 sehari, Dok. Maksimal 6 jam bekerja dalam sehari. Jadi pemakaian 1 jam, 15 menit bahkan 3 menit pun, fee saya segitu..."

Dokternya ngangguk2... kelihatan sekali dia meragukan gue.

Trus dia nanya

"nanti motretnya gimana?"

"itu saya serahkan pada pihak rumah sakit. Saya disuruh motret apa saja, bikinkan saja daftar nya. Nanti saya tentukan berapa lama saya bisa melakukan semua itu"

"lalu nanti motretnya pakai apa saja?"

"kalau hanya motret candid atau ruangan dan alat2 rumah sakit, saya bisa sendirian tanpa pencahayaan lampu khusus. Tapi kalo diminta motret eksterior rumah sakit, terutama waktu malam, saya butuh team untuk asisten dan teknisi...dan saya membutuhkan lampu tambahan"

Trus dokternya bilang

"aaah... suami dan anak saya juga motret.... era digital seperti sekarang kan ga butuh lah alat2 seperti itu..kan bisa di permak di komputer.... pakai blitz biasa saja laaah..lagi pula, ini kan rumah sakit..ribet kalo harus ada kabel2 berserakan..."

"kalo memang pihak rumah sakit lebih memilih seperti itu, saya sanggupi. Tapi ini menyangkut kualitas foto...dan saya tidak bisa menerima diskreditasi karena dari awal saya sudah sebutkan kebutuhan saya"

Gue liat dokternya kayaknya khusyuk banget meragukan kemampuan gue.

Dia diam lamaaaaa banget. Orang marketingnya juga ikut2an diam sambil maenin BB nya.

Akhirnya, gw bilang

"gini deh Dok..dari pada rumah sakit beli kucing dalam karung, saya akan datang hari Senin besok buat motret contoh. Nanti dokter liat hasilnya. Kalo dokter senang, kita berangkat deal dari situ. Kalo tidak, batalkan saja pemakaian jasa motret saya"

Ga babibu, langsung tu dokter bilang "OKAY! saya setuju!"

Ngeraguin gue selama 10 menitan, tapi bilang okay ke foto gratis ga nyampe semenit plus salaman ama gue dan pamit.

Bujug!

Akhirnya gue bikin janji sama si orang marketing buat hari Senin.

"Besok saya kesini buat liat2 apa saja yang perlu saya foto..kalo bisa Mbak kasih ke saya daftar nya besok...lalu,saya akan datang hari Senin jam 10 pagi untuk motret try out ya Mbak?... setelah itu, saya kasih hasil foto2nya dan saya sertakan juga proposal fee saya"

"baik Mbak Dyan..saya tunggu...besok saya kasih daftarnya..."

Trus, sebelum pamit, ternyata si orang marketing curhat ama gue

"saya tuh sibuk banget lho Mbak... ga ada waktu buat ini itu... sebenarnya dulu saya pernah pakai jasa motret teman saya yang emang hobi motret dan kerja sebagai grafis desainer. Waaaah....saya ga perlu bayar apa2 lho Mbak.. ya karena teman.... trus semua banner dan spanduk ama poster dan katalog dia bikinin...murah muraaaaaaaaaah banget deh MBak" kata si Mbak2 marketing ini sambil merem melek. Trus dia lanjutin

"tapi saya kali ini ga bisa minta tolong teman saya karena dia kan kerja kantoran ya Mbak? jadi sibuk...waktunya ga ada"

Dalam hati gue bilang...ni orang nyadar ga sih kalo dia lagi ngobrol ama gue sebagai calon klien gue? Kok malah ngomong kayak gitu?... jadi cuman kepepet neh pake jasa gue? milih gue karena gue nganggur?... doileee...

Tapi gue coba ga mikir kayak gitu. Gue dengerin semua omongannya.

Akhirnya gue pamit.

Besoknya gue datang pagi dan dikasih daftar lalu bikin janji buat hari Senin.

"hari Senin itu sebenarnya saya ada meeting seharian MBak..aduuuh...saya sibuk banget deh Mbak..." kata si Mbak2 marketing.

"tapi ya sudah..Mbak Dyan datang jam berapa?"

"jam 10 teng, Mbak"

"okay..saya sudah meeting jam segitu... tapi nanti saya titip pesan sama orang2 dibawah sini kalo Mbak mau motret... biar ada ijin leluasa motret ya Mbak ya?"

"okay Mbak..matur nuwun. Sampai ketemu hari Senin"

Hari Senin gue datang jam 10 kurang 2 menit.

Dengan segala peralatan motret, gue datang dan langsung  menuju meja resepsionis

"pagi,Mas... kemaren saya udah bikin janji sama org Marketing buat motret pagi ini... "

"wah! orang marketingnya lagi meeting, Mbak"

"iya, dia juga udah kasih tau saya..tapi katanya dia mau titip pesan sama resepsionis kalo saya mau motret"

Di meja resepsionis ada tiga orang. Tiga2nya clingak clinguk dan si Mas nya bilang "wah MBak..ga ada pesan tuh dari marketing...lu dikasih tau ga?... kalo lu" katanya sambil nanya ke teman2nya. Teman2nya geleng2 kepala doang.

"lalu gimana enaknya, Mas?" tanya gue

"ya sudah, saya coba telpon ya MBak?"

Nunggu...

"Mbak.. telponnya ga diangkat... telpon ekstension dan hp nya ga diangkat..."

"trus gimana? saya boleh motret?"

"maaf Mbak, kami ga berani kasih ijin..."

Ya ya yaaa.....

Akhirnya gue putuskan buat nunggu... sambil iseng, nyolong2 motret dikit.

Satu jam nunggu, cukuplah. Gue pamit sambil titip pesan tolong kasih tau ke orang marketing kalo gue udah datang sesuai janji.

Selasa dan  Rabu lewat. Ga ada kabar.

Akhirnya gue email si mbak2 marketingnya. Gue bilang disitu, kalo gue datang tapi ga dibolehin motret.

Gue kirim email hari Rabu.

Besok paginya, hari Khamis...mimpi apaaaa gue semalam bangun tidur karena ngangkat telpon dari orang marketing dan dicerewetin...

Dari seberang ada suara bilang

"Mbak Dyaaaan...kok ga ada kabarnya sih Mbak?...aduuuuhhh..ini udah Khamis lho Mbak... gimana dong?... ayo dong cepat Mbak...kirim proposalnya... trus foto2 contohnya mana,Mbak?"

Mata masih belekean dan suara masih serek, gue kaget.... gue bilang ajah

"Mbaaaak, saya ituuuu udah datang sesuai janji...tapi Mbak ga ngasih tau orang2 resepsionis ttg maksud kedatangan saya..jadinya saya ga bisa motret... lagipula saya kan nunggu kabar Mbak..." maksud gue ngomong gitu supaya dia ngerti kalo kan yang butuh dia, ngapa juga gue yang kudu ribet?

Trus dia masih ngotot sedikit marah bilang

"lho? kok saya ga di sms Mbak? kalo saya di sms pasti saya turun!!!.."

"Mbak, orang2 resepsionis udah nelponin Mbak...tapi ga direken...."

"ya tapi kan Mbak Dyan bisa dong sms saya?..."

"Mbak, saya sudah menjalankan sesuai janji saya.... tinggal Mbaknya yang ga menjalankan janji Mbak..."

Trus dia diam... tapi ga lama, nyolot lagi dan bilang

"tapi ini kan udah Khamis Mbaaaaaaaaaaaaaak..... gimana dong?... kan Mbak bisa datang lagi hari Selasa atau Rabu kemaren.."

Murka yang gue tahan, akhirnya keluar juga... dengan marah yang ketahan setengah mampus, gue bilang

"Mbak, maksud saya bikin janji jam 10 pagi hari Senin dan hanya nunggu satu jam lalu ga datang lagi hari Selasa dan Rabunya itu karena saya PUNYA KERJAAN LAIN, Mbak..."

Si mbak marketingnya diem....

Akhirnya suaranya melembut dan bilang

"ya sudah kalau begitu,Mbak... saya minta  proposal Mbak deh kalo gitu..."

"Mbak, janjinya kan saya motret dulu...saya ga bisa kasih proposal harga kalo belum ada contoh.... ini menyangkut akreditasi saya lho..."

"aduh tolong deh Mbak..gapapa.... biar cepat nih..saya sibuk banget... ga ada waktu lagi..."

Karena gue kesel, gue bilang "okay... Hari Senin saya kirimkan"

"aduuuh..jangan Mbak..kalo bisa paling telat besok malam sampai ke saya.... biar Senin paginya saya bawa ke direktur RS"

"okay"

Sampai akhir nutup telpon, ga ada satu kata maaf pun gue terima dari dia.

Tadi gue dah bikin proposal.

Gue kirim via email.

Dia bales dan bilang

"Mbak, bisa ga proposalnya dibuat profesional? pake kop surat perusahaan  yang resmi Mbak..karena menyangkut pertanggung jawaban saya ke direksi...."

WUAAAAAAAAAAAAH!!!... Gue udah ngomong dari awal kalo gue freelance...dan gue belum punya perusahaan... gue ga punya legalitas apa2...

Dan sejauh ini, kalo gue mengajukan proposal ya kayak gitu ajah...ga pake kop2 surat segala... toh hanya formalitas untuk tawar menawar harga.

Gue setujui tapi gue minta waktu semalam untuk ngerjain proposalnya.

Disetujui.

ASLI!!!!...ribet banget dah!!!!!

Dan yang bikin gue kesel gawe ama mbak2 marketing ini adalah, dia ga bilang terima kasih di emailnya cuman ada tiga huruf diakhir emailnya :"Tks". Ini maksudnya Terima Kasih ya?... hebat.

Dan dia ga pernah minta maaf karena udah lalai ngasih tau orang resepsionis hari Senin itu.

Bukan maen....

Mentang2 gue bukan pro, gue disepelein...tapi begitu gue disuruh bikin proposal, gue disuruh bikin yang pro....

Piye tho Mbakyuuuu?

Sabar...sabar...nggolek jeneng sik, mengko lak jenange teka.....

Tuhan memberkati.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun