Mohon tunggu...
Dyandra Mutiara
Dyandra Mutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan pribadi yang mudah bergaul.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Iklan dalam Komunikasi Pemasaran untuk Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

28 November 2024   06:34 Diperbarui: 28 November 2024   06:43 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Iklan merupakan alat pemasaran yang telah digunakan dalam berbisnis selama beberapa dekade untuk menjangkau calon pembeli agar membeli suatu produk atau layanan. (MDG dalam Putra & Irwansyah, 2021). 

Iklan juga dapat di artikan sebagai bentuk komunikasi massa secara komersial yang dengan sengaja dirancang dengan tujuanuntuk mempromosikan suatu barang dan jasa, atau bahkan sebagai bentuk komunikasi berupa pesan. (Handoko et al., 2019)

Pada saat ini, persaingan dalam hal menarik minat konsumen sangatlah ketat. Hal ini membuat setiap perusahaan harus semakin giat dalam mempercantik iklan. (Stephen et al., 2020). 

Setiap penjual atau perusahaan tentuhnya harus memiliki strategi yang baik dalam periklanan karena iklan memegang peranan penting dalam strategi pemasaran.(Chrismadani, 2014). Setiap pelaku usaha tentu saja harus bisa menjamin bahwakeinginan dan harapan konsumen dapat terpenuhi.(Setiawan & Rabuani, 2019).

Bukan hanya iklan, strategi promosi juga dapat dilakukan melalui sales promotion, personal selling, public relation, dan direct marketing. Tetapi, iklanlah yang paling sering digunakan untuk mempromosikan sesuatu. 

Iklan merupakan media yang dinilai paling efektif dalam memasarkan sesuatu, karena melibatkan respons konsumen dalam proses promosinya. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam bersaing memperebutkan konsumen. (Lukitaningsih, 2013)

Manfaat iklan yang paling utama adalah untuk menyampaikan pesan dari penjualyang ingin disampaikan kepada konsumen. Kreativitas dalam iklan menjadi hal yang paling penting karena untuk membuat konsumen mengingat dan tertarik pada produk yang ditawarkan, tentunya mengharuskan para penjual untuk berpikir keras menghasilkan iklan yang menarik. 

Daya tarik pada iklan bisa didapatkan dengan menyajikan gaya penyampaian dan konten yang unik, mudah di cerna, dan tidak bertele -- tele. (Jacob et al., 2018)

Media untuk iklan diantaranya terdiri dari televisi, radio, majalah, dan koran. (Rachmah, 2022). Namun, pada era digital ini muncul media online sebagai media baru untuk mempromosikan iklan yang tentunya sangat menguntungkan bagi para penjual karena produknya dapat semakin mudah dikenali oleh masyarakat luas sebab iklan online dapat dijangkau oleh audiens dengan jangkauan yang lebih luas. 

Beberapa contohplatform online untuk mempromosikan iklan diantaranya adalah YouTube, Twitter, Instagram, Website, dan ada pula beberapa aplikasi lain yang menayangkan iklan ditengah pemakaian dengan alibi konsumen harus berlangganan jika tidak ingin melihat iklan selama menggunakan aplikasi tersebut. (Santoso & Larasati, 2019)

Iklan memiliki beberapa fungsi, diantaranya yakni precipitation, persuation, reinforcement, reminder. Dengan kata lain, iklan mampu merubah keputusan pembeli dengan cara membujuk dan meneguhkan, serta membuat pembeli mengingat produk yang sedang di promosikan.(Solihin, 2015). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun