Mohon tunggu...
Dyahsynta D. Hadiansyah
Dyahsynta D. Hadiansyah Mohon Tunggu... Wirausaha -

Menemukan banyak hal yang bisa dicintai dalam hidup melalui yoga #LovingLifeThroughYoga Personal blog: www.dyahsynta.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Whichever One You Feed

26 September 2016   15:24 Diperbarui: 26 September 2016   15:40 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Whichever One You Feed, sumber: dok.pribadi

'An old Cherokee is teaching his grandson about life. "A fight is going on inside me," he said to the boy.

"It is a terrible fight and it is between two wolves. One is evil--he is anger, envy, sorrow, regret, greed, arrogance, self-pity, guilt, resentment, inferiority, lies, false pride, superiority, and ego." He continued, "The other is good--he is joy, peace, love, hope, serenity, humility, kindness, benevolence, empathy, generosity, truth, compassion, and faith. The same fight is going on inside you--and inside every other person, too."

The grandson thought about it for a minute and then asked his grandfather, "Which wolf will win?"

The old Cherokee simply replied, "The one you feed."'

Seperti kebanyakan orang, perkenalan saya dengan rutinitas olah raga dimulai dari ketidaknyamanan yang saya rasakan pada tubuh saya. Selain mudah terkena penyakit, saya juga selalu terganggu oleh nyeri haid yang luar biasa setiap bulan. Lalu saya pun juga gampang sekali merasa capek, hampir selalu merasa kurang istirahat sepanjang hari.

Tapi dari semua ketidaknyamanan tersebut, hanya satu hal yang paling ampuh menyulut semangat saya untuk mulai berolah raga: kesadaran bahwa bentuk tubuh saya sangat jauh dari sempurna. Apalagi, sebagai perempuan, saya sangat akrab dengan perbincangan basa-basi yang tidak jauh dari komentar akan penampilan visual.

Yang tidak saya ketahui ketika itu adalah bahwa bentuk tubuh yang saya idamkan tidak akan terwujud secara instan. Melihat ukuran tubuh saya yang tidak kunjung membaik setelah beberapa saat rutin berolah raga, saya langsung meningkatkan intensitas olah raga saya baik dari segi durasi maupun tingkat kesulitan gerakannya. Harapan saya hanya satu, yaitu bentuk tubuh yang ideal semakin cepat terpampang ketika saya melihat ke cermin.

Ajaibnya, yang akhirnya terjadi justru sebaliknya. Bentuk tubuh saya tetap gitu-gitu aja, tapi orang-orang di sekitar saya malah memiliki komentar baru:

"Perasaan lo udah rajin olah raga macem-macem Syn, kok masih aja paha lo gede?"

Butuh waktu cukup lama bagi saya untuk dapat menyesuaikan antara ego saya dalam hal penampilan dan ego saya dalam berolah raga. Terus terang, saya tidak pernah menyadari betapa banyaknya mitos seputar olah raga yang beredar sampai saya benar-benar mencobanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun