Klaten ( 26/07/2021 ) - Covid-19 telah menyebabkan perekonomian nasional mengalami kontraksi yang dalam,  hingga  Tw  3  2020  pertumbuhan  ekonomi  nasional  tercatat  terkontraksi hingga -3,49% (yoy). Dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini dirasakan diseluruh bidang. Salah satu yang terdampak ialah bidang bisnis. Banyak dari pelaku bisnis yang mengalami guncangan saat pandemi ini. Mereka dituntut untuk memperketat protokol, mengurangi kerumunan bahkan  mengurangi  jam kerja.
Hal-hal yang terjadi tersebut membuat para pelaku bisnis memutar otak untuk bagaimana  bisnisnya harus tetap berjalan di masa pandemi ini. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan digital.  Digital  tersebut  merupakan  sebuah  inovasi  yang dapat diterapkan di pemasaran bisnis. Digital ini bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online atau delivery order. Generasi muda milineal merupakan target yang  diharapkan  menjadi  penyokong  adanya  inovasi  tersebut.  Mengapa anak muda atau kaum milenial?? Karena mereka adalah generasi yang melek teknologi sehingga mereka yang menjadi penggerak utama dari adanya inovasi ini.
Dari kondisi yang ada tersebut membuat salah satu salah satu mahasiswa KKN TIM II Undip periode 2020/2021 di kelurahan Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara termotivasi untuk memberikan edukasi kepada kaum milenial melalui sharing di grup Whatsapp. Sebelum sharing tersebut dilaksanakan, mahasiswa KKN Undip tersebut membuat Google Form untuk menjaring para peserta yang targetnya merupakan anak-anak muda atau kaum milenial.Â
Sharing yang disampaikan meliputi apa saja elemen penting yang terdapat dalam pemasaran, bagaimana strategi pemasaran bisnis yang efektif, apa saja inovasi pemasaran bisnis yang bisa dilakukan di era pandemi, dan juga langkah-langkah dalam melaksanakannya. Sharing tersebut berhasil menarik perhatian kaum milenial sebanyak 45 peserta. Selain sharing materi, peserta juga diperbolehkan untuk bertanya dan juga mendapatkan softfile materi yang telah disampaikan. " Wah materi yang disampaikan sangat menarik dan bener-bener berguna banget dikala pandemini gini. Kita jadi tahu bagaimana strategi pemasaran bisnis di era pandemi", ujar salah satu peserta sharing.
Selain penyampain melalui grup Whatsapp, mahasiswa KKN Undip ini juga memberikan hardfile berupa leaflet yang diberikan kepada perwakilan kaum muda yang berada di RT 01 Seyegan Desa Karanganom. Leaflet tersebut juga berisi materi yang sama seperti materi yang telah disampikan di sharing. Dengan memahami strategi dan inovasi pemasaran bisnis di era pandemi, kita sudah mempunyai bekal untuk bagaimana memulainya, bagaimana merencanakannya, dan bagimana proses realisasinya. Jika semua telah disiapkan dengan tertata, maka kita tak perlu khawatir dengan keadaan yang ada terutama situasi pandemi ini. Meskipun  di  rumah  saja  diharapkan  para  generasi  tetap  produktif  dalam memanfaatkan peluang pasar dari segi inovasi bisnis digital.
Penulis : Dyah Ayu Wulandari -- S1 Manajemen FEB Undip 2018