Mohon tunggu...
Dyah Ayu
Dyah Ayu Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Aku hanya seorang yang ingin terus melihat dunia baru diluar sana yang belum pernah aku temui sebelumnya. Menginginkan sesuatu yang baru, tanpa melupakan rasa syukur atas apa yang telah kita capai

Selanjutnya

Tutup

Money

Hati-Hati Membeli Barang di Online Shop

28 April 2012   03:56 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:01 696
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Buat share aja yaaa :)

Tergiur mungkin dengan barang bagus yang dijual di Online Shop, mungkin terlihat bagus. Ya sangat menggiurkan. Ada banyak macam, dari fashion, sampai gadget, dan lain sebagainya. Di online shop itu seakan kita sedang 'membeli kucing dalam karung'. Barang yang dijual dan yang hendak kita beli, apa kita yakin betul barang itu sesuai yang ditawarkan ??

Beberapa hari lalu saya membeli sebuah gadget di Online Shop juga, barang oke datang tepat waktu, tapi, "Mana kartu garansinya ??" itu pertanyaan pertama mamah saya. Loh katanya garansi 2 tahun ? Mana ? Setelah saya tanya lagi malah katanya garansi cuma 1 bulan. Deg !! Apa itu ?? Waktuya mundur ? Atau berkurang ?? Mana kartu garansinya ? Hadehhh ... pembelajaran buat saya.

Dan sebulan sebelum kejadian itu, kira-kira, bulan februari ada Pre Order Kemeja klub bola favorite saya, saya langsung order tuh, tergiur. Dilihat desain kemejanya juga bagus. Dan pertama saya lihat itu di FJB Kaskus. Pesan sekitar akhir februari, dan awal maret katanya mulai produksi. Saat itu untung saja baru di DP, soalnya mau saya lunasin belum sempet ke bank, pas DP juga cuma lewat sms banking, dan nyampe kok dananya. Melewati bulan maret saya mulai bertanya, mana kemeja saya ? Katanya produksi antara 2-3 minggu, lah ini sudah 1 bulan ?

Sampai bulan April, awal april, saya tanya teman saya yang juga order kemeja yang sama. 'Mas, kemejanya gimana yang order ke ** ?'. Kata teman saya, 'Loh, kan batal produksi katanya, aku aja jadinya tuker hoodie sama kaos'. Dari situ saya tambah heran, 'Kok dia gak konfirmasi ke aku ???? Lewat fb, sms gak ada konfirmasi. Gimana sih ??'. Kata teman saya, 'Coba hubungi lagi, minta aja barang tuker, atau refund dana kamu'.

Oke saya putuskan untuk menukar order saya itu dengan kaos. yang katanya produksi minggu depan. Well, oke itu baru saya dapat konfirmasi. 'Oiya sist nanti saya tukar.', cuma gitu katanya. Hadeehhhhh . ckckkckckc

2 minggu berselang, berhubung saya ingat kalo saya baru nge-DP-in, jadi saya mau nglunasin nih, dan saya sms ke pihak penjualnya, ehh belum konfirmasi sampai sekarang, saya buka deh akun facebooknya. Disitu saya kaget. "Loh, mana rekening BNI yang waktu itu dia pajang buat transfer ? Dulu kan aku transfer lewat BNI, kok sekarang di iklan ini gak ada ????? Yang ada cuma mandiri, bca sama BRI. Gimana nih ?"

Lalu saya sms teman saya yang dulu order juga itu, "Mas kok akun BNInya bang ** gak ada ya ? dulu aku transfer lewat BNI lohhh". Teman saya pun jadi heran lalu dia meminta saya untuk cek lagi, atau nunggu barang berapa waktu sampai ada konfirmasi dari dia. Jadilah sampai sekarang saya hanya harap-harap cemas.

Masalah kualitas juga diragukan, saat nonton bareng laga AC Milan vs bologna, baru minggu kemaren, saya ketemu sama teman saya yang order bareng saya itu yang ordernya ditukar hoodie. "Nih dek hoodie yang mas pesen buat ganti kemeja itu". Terus saya bilang, "Mas, sablonannya jelek yaaa ?" wahahahhaha :p Dan fakta emang jelek udah agak gimana gitu. ckckkckc

Itu pengalaman buruk, namun juga ada beberapa pengalaman baik, yang tentu penjualnya patut diberi penghargaan Recommended Seller :) dengan mutu barang berkualitas, pelayanan ramah, tepat waktu dan top abis deh :)

Dan fakta, transaksi di Online Shop haruslah berhati-hati, ada kalanya kita senang dengan barang yang kita beli itu jika sesuai dengan bayangan kita, tapi ada kalanya juga kita berdecak kagum dengan semua peristiwa yang menyertai. wkwkwkw

Kepercayaan dan kerhati-hatian adalah nomor 1 dalam transaksi di Online Shop.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun