Mohon tunggu...
Dwi Upita
Dwi Upita Mohon Tunggu... Guru - Sidoarjo-Smantaru

Berusaha menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Nilai dan Peran Guru Penggerak

28 April 2024   10:10 Diperbarui: 28 April 2024   10:17 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

DISKUSI EKSPLORASI KONSEP MODUL 1.2 - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Hal yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik? 

Sebagai seorang guru hal yang telah sering saya lakukan adalah melakukan pembelajaran yang 'berpihak pada murid' misalnya saya menyampaikan materi dengan sejelas-jelasnya, sanya menyertakan contoh-contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari bahkan yang pernah mereka ketahui dalam lingkungannya, saya memberikan penugasan  sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah disampaikan dimana tujuan ini dirancang  berdasarkan kebutuhan pengoptimalan keterampilan yang harus dimiliki anak, ketika anak ketercapaian tujuan belajarnya kirang maksimal maka saya sebagai guru melakukan pendekatan secara emosiaonal, dan jika diperlukan saya berkolaborasi dengan wali kelas dan guru BK untuk  ketercapaian ketuntasan masalah belajar anak.



10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP

1.Penggunaan metode diskusi melakasanakan  pembelajaran dan dalam menentukan penyelesaian yang tepat dari

suatu masalah

2. Memmberikan kesempatan kepada anak dalam menyampaiakan pendapatnya

3. Saya memberikan kesempatan kepada anak menanyakan materi yang sudah diterima namun belum dipahami.

saya

4. Menajalankan tugas tambahan  yang diberikan dengan rasa tanggung jawab, disiplin, dan berhasil baik.

6. Menjadi fasilitator P-5  yang turut memberikan bimbingan agar kegiatan P-5 berjalan lancar dan sukses.

7. Menegakkan kedisiplinan dengan berbagai cara misalnya tidak membuang sampah sembarangan, memakai sepatu hitam selama bertugas mengajar, menggunakan atribut saeragam yang telah ditetapkan.

8. Pembiasaan menyampaikan pendapat dengan sopan santun, mudah dimengerti pada rapat

9. Memfasilitasi wali murid dalam hal penyelesaian suatu masalah anak terutama berkaitan dengan presatsi belajar

10. Menyampaikan materi kepada anak dengan lugas, jelas, tidak berbelit-belit, dapat dengan menambahkan contoh nyata dalam kehidupan, serta dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun