Mohon tunggu...
Dwito RifkiWahyu
Dwito RifkiWahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di IAIN Ponorogo . Saya suka mengikuti berbagai perlombaan terkait game online. Selain itu, saat semester 5 saya pernah mengikuti magang selama 3 bulan di salah satu sekolah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Model Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar

23 Juni 2024   17:58 Diperbarui: 23 Juni 2024   18:06 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah sarana dan wahana yang sangat baik dalam pembinaan sumber daya insani. Dimana pendidikan yang dimaksud pada dasarnya identik dengan pemberian keterampilan, pengetahuan dan suatu bentuk pendewasaan. Pendidikan yaitu proses permartabatan manusia menuju puncak optimal potensi kognitif, afektif dan psikomotorik yang dimilikinya. Selain itu juga, pendidikan adalah proses membimbing, melatih dan memandu manusia terhindar atau keluar dari kebodohan dan pembodohan. pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

Salah satu proses dalam pendidikan yang menempati posisi yang penting yaitu proses pembelajaran, baik itu pembelajaran di dalam kelas maupun di luar. Pembelajaran pada dasarnya merupakan transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan melibatkan aktivitas fisik maupun mental siswa. Keterlibatan siswa baik secara fisik maupun mental merupakan bentuk dari pengalaman belajar siswa yang dapat memperkuat dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran yang berkualitas san- gat bergantung pada motivasi siswa dan kreatifitas pendidik yang mampu memfasilitasi siswa.

Dalam pembelajaran sendiri, ada suatu tujuan akhir yang akan diharapkan dari siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran, yang mana tujuan akhir tersebut salah satunya yaitu hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri merupa- kan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Dalam kegiatan pembelajaran intruksional, biasanya guru menetapkan suatu tujuan belajar. Siswa yang berhasil dalam belajar adalah siswa yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau tujuan intruksional. Hasil belajar seorang siswa diperoleh dari pengalaman secata langsung (konkrit), kenyataan yang ada dilingkungan kehidupan melalui benda tiruan, sampai kepada lambang verbal (abstrak).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun