Mohon tunggu...
Dedi Dwitagama
Dedi Dwitagama Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri yang percaya diri dan berani berkompetisi. Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta - Blogger sejak 2005: http://dedidwitagama.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://trainerkita.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif

13 September 2024   22:55 Diperbarui: 14 September 2024   09:00 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media merupakan suatu alat atau sarana yang memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi. Sedangkan media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajaran.

Sedangkan kreatif artinya menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Kreatif artinya adalah sebuah gagasan terhadap konsep dan rencana untuk kemajuan dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.

Sementara dalam proses belajar, media pembelajaran kreatif merupakan hal penting agar murid atau pelajar bisa lebih mudah memahami materi yang dijelaskan. Ada banyak contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang bisa dicoba dan digunakan.

Dalam era globalisasi dan informasi, pelajar memerlukan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam proses belajar. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, dalam makalah ini, kita akan membahas strategi guru dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik.

Strategi 1: Mengetahui Tujuan dan Sasaran

Guru harus mengetahui tujuan dan sasaran dari pembelajaran yang akan diadakan. Dengan demikian, guru dapat membuat media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan sasaran tersebut. Tujuan dan sasaran dapat diperoleh dengan mengadakan observasi, wawancara, dan analisis data.

Strategi 2: Menggunakan Berbagai Sumber

Guru harus menggunakan berbagai sumber seperti gambar, video, audio, dan teks untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Dengan demikian, guru dapat mengungkapkan materi secara lebih efektif dan mengatasi kelemahan individu.

Strategi 3: Meningkatkan Kemampuan Interaktif

Guru harus meningkatkan kemampuan interaktif media pembelajaran dengan cara menggunakan fitur-fitur seperti pertanyaan, quiz, dan game. Dengan demikian, pelajar dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun