Mohon tunggu...
Dwi Sulani
Dwi Sulani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi menonton film, suka musik dan menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tiktok Menjadi Platform yang Efektif untuk Promosi UMKM

8 April 2024   12:37 Diperbarui: 8 April 2024   12:54 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada era globalisasi saat ini, peran digitalisasi sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing dan bertahan dalam era globalisasi. Melalui digitalisasi, UMKM dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang, salah satunya melalui  promosi di media sosial seperti TikTok. 

Ada beberapa alasan mengapa tiktok menjadi pilihan uang bagus untuk promosi UMKM: 

  • Memiliki jangkauan yang luas, TikTok memiliki banyak pengguna aktif di seluruh dunia memberikan kesempatan yang bagus bagi UMKM untuk menjangkau audiens secara luas. 
  • Interaksi dengan pengguna di TikTok memungkinkan UMKM untuk berinteraksi langsung dengan pengguna lain melalui komentar , pesan, dan kolaborasi. Hal ini membantu UMKM untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen dan mendapatkan umpan balik tentang layanan atau produk yang ditawarkan. 
  • TikTok menawarkan durasi video pendek yang menarik sehingga mudah dikonsumsi oleh pengguna. UMKM dapat membuat konten yang kreatif, lucu, dan menghibur untuk menarik perhatian pengguna. 
  • Kreativitas tanpa batas di TikTok memberi kesempatan kepada UMKM untuk mengekspresikan merek mereka dengan cara yang unik dan kreatif. Mereka dapat menggunakan musik, filter, dan berbagai efek khusus untuk menciptakan konten yang menarik dan membedakan produk mereka dari produk lain. 
  • Dengan memanfaatkan Hashtag (tagar) dan Trending Challange (tantangan) yang sedang tren, konten dari UMKM dapat masuk ke halaman "For You" atau yang biasa dikenal sebagai FYP (For Your Page). hal tersebut memungkinkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi dan meningkatkan interaksi dengan konten mereka. 

Dengan memanfaatkan potensi yang ada di TikTok dan menciptakan konten yang menarik serta relevan, UMKM dapat meningkatkan antusiasme secara online dan menarik perhatian dari calon konsumen.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun