Mohon tunggu...
Dwi Sukanti Lestariningsih
Dwi Sukanti Lestariningsih Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Dosen Pendidikan Geografi Fakultasi Ilmu Sosial UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Smp Melalui Penguatan Konsep Esensial Geografi

5 Desember 2021   16:50 Diperbarui: 5 Desember 2021   16:59 600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Zoom Meeting/Dokpri

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat seorang akademisi untuk terus melakukan kegiatan yang bermanfaat. Sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap akademisi berkewajiban untuk mengimplementasikan salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan langkah nyata untuk hadir dan terjun kepada masyarakat. 

Kegiatan pengabdian masyarakat saat ini dapat diselenggarakan melalui pertemuan virtual menggunakan zoom meeting. Salah satu contohnya adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Pengabdian masyarakat ini mengusung tema "Pemahaman Konsep Esensial Geografi Bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Guna Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS". 

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 11 September 2021 di SMP Negeri 3 Kota Bogor ini dihadiri sebanyak 44 peserta didik kelas VII,VIII, dan IX. Selain itu, Kegiatan ini juga menghadirkan Wakil Dekan 2 Fakultas Ilmu Sosial Dr Aris Munandar M.Si yang sekaligus membuka acara dan juga Bapak Didi Rosadi S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Negeri 3 Kota Bogor. 

Kemudian, narasumber pada kegiatan ini yaitu ibu Dra Dwi Sukanti Lestariningsih M.Si selaku Dosen Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, narasumber memaparkan materi mengenai 10 konsep esensial geografi. Materi tersebut dipilih karena salah satu konsep sebagai penguat dan pemahaman dalam pembelajaran IPS adalah 10 konsep esensial geografi. 

10 Konsep tersebut adalah jarak, lokasi, keterjangkauan/aksesibilitas, aglomerasi, pola, morfologi, interaksi/interdependensi, nilai guna, asosiasi dan diferensiasi areal. Penyampaian materi 10 konsep esensial geografi tersebut diajarkan dan dikemas dengan menarik. Peserta didik diberikan media gambar agar lebih mudah memahami dan juga peserta didik diberikan contoh penerapan konsep tersebut pada kehidupan sehari-hari. 

Pada akhir penyampaian materi, peserta didik juga diminta untuk bermain kuis menggunakan media Quizziz mengenai 10 konsep esensial geografi. Peserta didik sangat antusias dan termotivasi dalam mengerjakan kuis game tersebut. Sebanyak 3 pemenang dalam kuis tersebut akan diberikan reward sebagai apresiasi.

Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat tersebut menunjukkan hasil yang sangat positif bagi peserta didik. Kehadiran peserta didik sebesar 100% dengan partisipasi penuh dan perolehan nilai rata-rata pada tes tertulis adalah 85 - 90. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penguatan dan pemahaman tentang Konsep Esensial Geografi dalam pembelajaran IPS akan meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Bogor. 

Harapannya terhadap pembelajaran IPS, peserta didik merasakan sebagai hal yang menyenangkan sehingga akan berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun