Mohon tunggu...
KKN 122 UINSU
KKN 122 UINSU Mohon Tunggu... Penulis - MAHASISWA

MENERBITKAN SELURUH KEGIATAN KKN 122 UINSU KABUPATEN LANGKAT, DESA KEBUN KELAPA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN 122 UIN SU Mengajar Mata Pelajaran PAI Disekolah SD Negeri 054917

20 Agustus 2024   19:53 Diperbarui: 20 Agustus 2024   20:08 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Foto mengajar disekolah SD Negeri 054917 kebun kelapa

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 122 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melakukan kegiatan mengajar di kelas 4 SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat pada Senin (12/08/24). Kegiatan mengajar tersebut dengan materi "Mengenal Asmaul Husna" diikuti oleh 23 siswa/i kelas 4 SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa.

Kegiatan mengajar adalah aktivitas yang dilakukan guru dalam mengorganisasikan perkembangan pengalaman dan kecakapan kepada anak didik dengan cara yang paling singkat dan tepat. Kegiatan pembelajaran tersebut dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab di kelas 4 SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa. Kegiatan mengajar yang dilakukan mahasiswa KKN 122 UINSU memaparkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Mengenal Asmaul Husna. Mahasiswa KKN menjelaskan apa makna dari Asmaul Husna, kemudian menyebutkan beberapa Asmaul Husna kepada peserta didik kelas 4. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik dapat mengetahui apa makna dari Asmaul Husna dan dapat mengetahui apa-apa saja Asmaul Husna tersebut. Sasaran yang dituju yaitu siswa kelas 4 SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa.

Proses pembelajaran ini dilakukan dengan keadaan yang menyenangkan. Mahasiswa KKN 122 UINSU yang terlibat menjelaskan materi kepada peserta didik yang bisa dianggap sebagai adik-adik. Jadi peserta didik tersebut tidak merasa canggung kepada pengajar, agar suasana tidak terlalu menegangkan.

Evaluasi akhir yang dilakukan Mahasiswa KKN 122 UINSU terhadap peserta didik kelas 4 tersebut yaitu Mahasiswa KKN tersebut menunjuk salah satu peserta didik untuk maju ke depan kelas dan menyuruh peserta didik tersebut untuk menjelaskan makna dari Asmaul Husna dan menyebutkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya.

Dengan mempelajari Asmaul Husna maka kita sebagai mahasiswa dan juga peserta didik kelas 4 SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa semakin membuat kita semakin dekat dengan Allah dan menjauhi kekufuran. Seperti yang kita tahu bahwa kekufuran, kafir adalah beberapa dari sifat manusia yang tidak disenangi oleh Allah. Dan kegiatan mengajar ini dapat menambah wawasan bagi peserta didik kelas 4 di SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa.

Mahasiswa KKN 122 UINSU yang terlibat dalam kegiatan mengajar mendapat sambutan hangat dan baik oleh guru di SD Negeri 054917 khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan terlihat dari respon peserta didik kelas 4 yang terlihat sangat aktif dalam proses pembelajaran.

Reporter : Nanda Ayuningtyas

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun