Mohon tunggu...
Dwi Sagita12
Dwi Sagita12 Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hobi menyanyi dan memasakan kepribadian baik bangat,konten yg saya suka itu mendengarkan lagu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

teory lev vygotsky dan piagat tentang perkembangan dan kognitif

17 Januari 2025   23:35 Diperbarui: 17 Januari 2025   23:35 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3. teori lev vygotsky dan piagat tentang perkembangan dan kognitif

Berikut adalah ringkasan teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan dan kognitif:

*Teori Lev Vygotsky (1896-1934)*

1. *Konstruktivisme Sosial*: Vygotsky percaya bahwa pengetahuan dibangun melalui interaksi sosial dan komunikasi.
2. *Zona Perkembangan Proksimal (ZPP)*: ZPP adalah jarak antara kemampuan anak sekarang dan kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya.
3. *Pembelajaran Kolaboratif*: Vygotsky menekankan pentingnya kerja sama dan diskusi dalam proses pembelajaran.
4. *Peran Bahasa*: Bahasa memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif, karena memungkinkan anak berkomunikasi dan membangun pengetahuan.
5. *Perkembangan Kognitif*: Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui proses internalisasi pengetahuan dan kemampuan.

*Teori Jean Piaget (1896-1980)*

1. *Konstruktivisme*: Piaget percaya bahwa anak membangun pengetahuan melalui pengalaman dan eksplorasi.
2. *Tahap Perkembangan Kognitif*: Piaget mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif:
- Sensorimotor (0-2 tahun)
- Pra-operasional (2-7 tahun)
- Operasional Konkret (7-11 tahun)
- Operasional Formal (11 tahun ke atas)
1. *Skema dan Adaptasi*: Piaget percaya bahwa anak membangun skema (konsep) dan mengadaptasinya melalui proses asimilasi dan akomodasi.
2. *Equilibrasi*: Piaget percaya bahwa anak mencapai keseimbangan antara skema dan realitas melalui proses equilibrasi.
3. *Peran Pengalaman*: Piaget menekankan pentingnya pengalaman langsung dalam proses pembelajaran.

*Perbandingan Teori Vygotsky dan Piaget*

1. Kedua teori menekankan pentingnya pengalaman dan interaksi dalam proses pembelajaran.
2. Vygotsky lebih menekankan peran sosial dan komunikasi, sedangkan Piaget lebih menekankan peran individu dan pengalaman.
3. Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui proses internalisasi, sedangkan Piaget percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui proses konstruksi.

*Referensi*

1. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society.
2. Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child.
3. Piaget, J. (1969). The Psychology of Intelligence.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun