Pengertian
Menurut Tuckman (Reza, 2015) prokrastinasi akademik peserta didik ialah perilaku menunda pekerjaan atau menghindari sebuah pekerjaan atau menghindari menyelesaikan suatu tugas pekerjaan yang diberikan.Â
Selanjutnya, menurut Schouwenburg dan Lay (1995) prokrastinasi akademik peserta didik adalah merupakan perilaku menunda melakukan suatu pekerjaan dalam konteks akademik. Sebagai contoh mengerjakan tugas mendekati waktu mengumpulkan, terlambat mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan sekolah, dan suka menghabiskan waktu untuk hal lain ketika mempersiapkan ujian sekolah.
Aspek-aspek ProkrastinasiÂ
Menurut McCloskey (2011) aspek prokrastinasi terdiri dari sebagai berikut ini:
1. Kepercayaan terhadap kemampuan dirinya sendiri
2. Perhatian yang mengalami gangguan
3. Faktor sosial
4. Kemampuan dalam memanajemen waktu
5. Mempunyai rasa malas