Mohon tunggu...
Dwi Retno Rahayu
Dwi Retno Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Prodi Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Keterkaitan Hubungan Soft Power Industri Hiburan K-Pop dan C-Drama

23 Juli 2021   13:25 Diperbarui: 26 Juli 2021   08:52 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Keberhasilan pencapaian pengaruh budaya Korea Selatan khususnya di industri hiburan tampaknya menjadikan inspirasi bagi beberapa Negara di Asia untuk mulai memperkenalkan budayanya ke kancah Internasiaonal sebagai salah satu sarana diplomasi. Salah satu dari beberapa Negara tersebut adalah China yang saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan indursti hiburan melalui media sosial dengan platform khususnya seperti Weibo yang terkenal dikalangan anak muda. Disamping itu, banyaknya warga Negara China yang berhasil menjadi idol atau entertainer di Korea Selatan juga agaknya menjadi salah satu kemudahan tersendiri bagi Negara tirai banbu tersebut.

Pemanfaatan ketenaran dan nilai yang telah dibangun oleh anggota grup idol berkebangsaan China membawa pengaruh terhadap tersiarnya budaya Negara tersebut. 

Sebagai contoh banyak idol papan atas seperti Seventeen yang memiliki dua anggota berkebangsaan China. Sebagaimana dilansir situs soompi pada bulan juli 2021 Seventeen mengalami peningkatan indeks reputasi brand sebesar 17,53 % dibandingkan bulan lalu sehingga menempati posisi kedua setelah BTS menjadi Boygrup paling berpengaruh.


Untuk memanfaatkan momentum tersebut  NSMG  sebagai salah satu media produksi ikut menggandeng Seventeen untuk mengisi soundtrack drama terbaru mereka yang berjudul " Falling Into Your Smile ". Seventeen dengan reputasinya sebagai self produser idol membawakan "Warrior" sebagai music tema untuk drama bertema e-sport tersebut.

Disinilah soft power bekerja, menggerakkan minat pasar internasional sehingga  meningkatkan nilai popularitas dari banyaknya share di media sosial untuk mendapatkan attensi dari khalayak yang lebih luas."Warrior" sendiri digunakan sebagai salah satu pengiring teaser drama sebelum penayangan episode pertama, selain itu juga dibagikan proses perekaman lagu oleh seventeen di chanel youtube NSMG sehingga menambah hysteria dikalangan fans yang tak sabar melihat drama tersebut. Hasilnya pada penayangan perdana drama tersebut mencapai rating yang cukup tinggi menyentuh nilai 3,1.

Popularitas drama tersebut juga tak lepas dari perhatian masyarakat penggemar drama di Indonesia. Sesuai dari keterangan Country Head WeTV dan iflix Indonesia, Lesley Simpson bahwa dalam kurun waktu dua minggu penayangan drama "Falling Into Your Smile" dapat melejit menjadi drama nomor satu paling banyak dilihat di platform WeTV.

Sejalan dengan keberhasilan drama " Falling Into Your Smile ", popularitas juga didapat oleh Seventeen yang semakin dikenal luas dengan kualitas musicnya melalui sountrack yang mereka bawakan. Sehingga pada periode comeback dengan tajuk "Ready to Love" kali ini dapat menyentuh angka penjualan album 1.364.127 copy dalam minggu penrtama perilisannya, termasuk angka terbesar sejauh ini untuk comeback grup 2021.

Soft power memiliki nilai persuasive yang tinggi dengan mendorong opini dan pandangan public kepada arah yang dituju untuk mendapatkan keinginan. Terlepas dari hal itu, metode pengaplikasian soft power harus dilakukan dengan menimbang keuntungan yang didapat dari kedua belah pihak yang bekerjasama.

Dwi Retno Rahayu

Mahasiswa Universitas Siber Asia


Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun