TANGERANG - Tim Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) yang terdiri dari tiga mahasiswi Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi bidang studi Public Relations, dalam kegiatan pendampingan selama 3 bulan dengan UMKM Zaidan Cookies yang berlokasi di Jl. Oscar II, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan.
Kegiatan Pendampingan yang dilakukan merupakan salah satu syarat lulus yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana mengingat pendampingan merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni "Pengabdian Kepada Masyarakat" sebagai salah satu bentuk pengabdian diri kepada masyarakat secara langsung. Pendampingan yang dilakukan untuk membantu, mendukung UMKM lokal agar bisa bersaing dengan UMKM lainnya dan tetap dikenal baik di media sosial dan di lingkungan masyarakat.
Adanya pendampingan ini bertujuan untuk membangun Brand Image suatu UMKM yang sudah lama berjalan dikarenakan memiliki permasalahan, yaitu belum memilikinya Brand Identity pada usaha, belum mempunyai media sosial untuk mempromosikan usaha yang dimiliki oleh masyarakat di daerah Pamulang, Tangerang Selatan. Tentunya kegiatan pendampingan ini dilakukan setelah berdiskusi dan bernegoisasi dengan pemilik UMKM mengenai permasalahan yang dialami oleh UMKM.
UMKM Zaidan Cookies adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner yang menjual produk dessert yaitu Brownies dan Cookies. Meski memiliki 2 jenis produk dessert, namun UMKM Zaidan Cookies memiliki banyak varian brownies dan cookies yang diperjualkan. Karena itu, Tim TAPN meyakinni bahwa UMKM Zaidan Cookies memiki potensi yang bagus untuk bisa bersaing dengan UMKM lainnya yang bergerak dibidang kuliner.
Meski memiliki peluang yang cukup bagus, UMKM Zaidan Cookies masih menerapkan sistem penjualan bersifat word of mouth sehingga tim TAPN ingin membantu melaui kegiatan pendampingan selama 3 bulan yang nantinya akan dilakukan evaluasi kegiatan tingkat keberhasilan tujuan yang dicapai.
Â
Tim TAPN terdiri dari 3 orang mahasiswi yakni Rahmawati memiliki peran sebagai Marketing Public Relations, Tiara Dyah Pitaloka memiliki peran sebagai Teknik Komunikasi Persuasif, dan Rena Almaida memiliki peran sebagai Konten Kreatif. Pembagian peran ini berguna untuk menjalankan jobdesc masing-masing. Dengan ke-3 peran tersebut tim TAPN membantu membangun Brand Image UMKM Zaidan Cookies dengan membuatkan Logo sebagai Brand Identity usaha, membuatkan media sosial TikTok dan Instagram yaitu @zaidancookies sebagai media online untuk promosi dan branding, membuatkan akun e-commerce Shopee sebagai marketplace untuk melakukan penjualan diluar daerah Tangerang Selatan, membuatkan website sebagai informasi tambahan media online yang dimiliki oleh UMKM Zaidan Cookies dan Informasi tambahan mengenai UMKM Zaidan Cookies.Kegiatan pendampingan dilakukan oleh tim TAPN bersama mitra UMKM Zaidan Cookies dengan membuat konten kreatif untuk promosi dan branding di media sosial TikTok dan Instagram @zaidancookies, membuat kegiatan promosi Giveaway di media sosial Instagram, dan melakukan kerjasama endorsement dengan Influencer TikTok dan juga Instagram. Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk membangun Brand Image UMKM Zaidan Cookies dengan harapan UMKM Zaidan Cookies mendapatkan calon konsumen baru, menarik pengikut baru, audiens media sosial dan masyakarat sadar akan Brand UMKM Zaidan Cookies.
Â
Meski memiliki kendala dalam proses kegiatan pendampingan, namun tim TAPN dan pemilik UMKM Zaidan Cookies dapat mengatasinya dengan berdiskusi dan terus melakukan evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan. Tim TAPN dan pemilik UMKM tentu memiliki harapan setelah pasca pendampingan UMKM Zaidan Cookies tidak berhenti untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan selama pendampingan, tetap melanjutkan kegiatan promosi dan branding dengan membuat konten kreatif, membuat event Giveaway, melakukan kerjasama endorsement dengan Influencer ataupun media promosi lainnya.Melalui kegiatan pendampingan ini mahasiswi mendapatkan pengalaman berharga yang didapati selama Kuliah bahwa Pengabdian kepada Masyarakat sangat berdampak positif bagi kelangsungan usaha masyarakat lokal agar bisa terus dikenal, berjalan, dan dapat bersaing demi penguatan dan berkembangnya UMKM Lokal di Indonesia di pasar Nasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H